25 radar bogor

Acak-Acakan, Pemprov Jabar Bakal Pindahkan Pusat Pemerintahan

Pemprov Jabar
Pemprov Jabar bersama DPRD mengalokasikan anggaran Rp50 miliar untuk membantu warga terdampak kenaikan harga BBM.
BANDUNG-RADAR BOGOR, Gedung Sate kemungkinan besar tidak akan menjadi pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Pemprov Jawa Barat memiliki wacana untuk memindahkan pusat pemerintahan ke Tegalluar, Kabupaten Bandung.
Dilansir dari Detik.com, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menuturkan, wacana itu lahir melihat kondisi pusat pemerintahan saat ini terbilang belum memadai. Tersebarnya kantor-kantor dinas di beberap lokasi membuat koordinasi menjadi sulit.
“Itu sudah dibahas karena di sini (pusat Kota Bandung) macet. Kemudian kantor pemerintahan di sini acak-acakan (terpisah). Terasa sama saya di saat saya butuh dinas minimal 20 menit itu yang dekat. Sementara tamu menunggu, kebijakan dibutuhkan (cepat),” katanya di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (21/2/2019).
Mengatasi hal tersebut, Uu bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mewacanakan untuk memindahkan pusat pemerintahannya ke Tegalluar.
Hal itu demi memudahkan koordinasi dan meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat.
Sementara Gedung Sate yang selama ini menjadi tempat pusat pemerintahan akan digunakan untuk kepentingan lain.
“Sementara fungsi Gedung (Sate) ini bisa dimanfaatkan untuk yang lain. Ini sudah dikomunikasikan tapi masih informal,” ujarnya.
Di lokasi yang sama, Kepala Bappeda Jabar Taufik Budi Santoso menyatakan, wacana pemindahan pusat pemerintahan saat ini sedang dalam pengkajian.
Pihaknya masih melakukan identifikasi terhadap sejumlah lokasi yang tepat  sebagai tempat pemerintahan baru. (dtk/ysp)