25 radar bogor

Piala AFF U-22: Dua Kali Unggul, Timnas Indonesia Ditahan Imbang Malaysia

Pemain andalan Timnas Indonesia U-22, Witan Sulaiman sukses menyumbang satu gol kegawang Malaysia, Rabu (20/2/2019).

PHNOMPENH-RADAR BOGOR, Timnas Indonesia harus puas bermain imbang 2-2 saat menghadapi Malaysia di laga kedua grup B Piala AFF U-22, Rabu (20/2/2019).

Meski sempat dua kali unggul, Malaysia mampu membelas. Bertanding di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Rabu (20/2/2019), Indonesia dan Malaysia cukup berimbang di babak pertama. Keduanya sama-sama kesulitan mencetak gol.

Indonesia sedianya punya banyak peluang, namun penyelesaian akhir yang terburu-buru membuat kesempatan bikin gol terbuang. Tercatat Indonesia punya kans lewat Marinus Wanewar, Osvaldo Haay, Gian Zola dan terakhir Luthfi Kamal.

Dua peluang emas Indonesia didapat dari Osvaldo dan Luthfi. Osvaldo di menit ke-39, ketika gagal memasukkan bola ke gawang meski sudah melewati kiper Malaysia Haziq, dan Luthfi yang tendangan bebasnya membentur mistar di menit ke-44.

Di babak kedua, Indonesia mampu unggul pada menit ke-53. Berawal dari umpan terobosan Osvaldo di sisi kiri, Marinus melepaskan tembakan yang sempat diblok Haziq. Bola kemudian bergulir liar dan kembali dikuasai Marinus, sebelum menceploskannya ke dalam gawang.

Tertinggal 1-0, membuat Malaysia tapil menekan. Di menit ke-61, tendangan bebas di depan kotak penalti Indonesia membuahkan hasil. Nik Akif Syahiran yang menjadi eksekutor, mampu melepaskan tendangan dan menjebol gawang Indonesia yang dijaga Satria Tama.

Di menit ke-77, Indonesia kembali unggul menjadi 2-1. Kali ini, sepakan Witan Sulaeman mengarahkan bola ke pojok kanan atas dan tak mampu dibendung Haziq.

Di menit-menit akhir, tekanan diberikan Malaysia. Di menit ke-85, gol penyama kedudukan dilesakkan Malaysia melalui Muhammad Hadi Fayyad. Berawal dari sepak pojok, tandukannya tak mampu dibendung barisan belakang Indonesia.

Di sisa waktu pertandingan, Indonesia tak mampu mencetak gol ketiganya meski beberapa kali punya peluang. Skor 2-2 bertahan hingga laga tuntas. Dengan hasil ini, Timnas Indonesia wajib menang dilaga pamungkas grup B melawan Camboja.

Susunan Pemain
Indonesia: Satria, Firza, Andy, Irianto, Asnawi, Zola, Luthfi, Rafi, Billy, Osvaldo, Marinus

Malaysia: Haziq, Dominic, Ariff, Dinesh, Nazirul, Thivan, Izzan, Nabil, Hadi, Nik, Jafri