25 radar bogor

Bara JP Bayangkan Tanah HGU Prabowo Dibagi untuk Rakyat

BOGOR – RADAR BOGOR, Pernyataan capres nomor urut 01 Joko Widodo yang menyebut rivalnya, Prabowo menguasai tanah seluas 340.000 hektar, terus menuai sorotan. Gerbong relawan Jokowi pun menjadi kan ini sebagai fakta yang wajib dikritisi.

Menurut Elite Pengurus DPP Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) Viktor S Sirait, apa yang dilakukan Prabowo kebalikan dengan Jokowi. Pasalnya, capres petahana itu justru telah membagi-bagikan lahan konsesi hutan seluas 2,6 juta hektar kepada rakyat. Bukan malah menguasainya.

“Jokowi telah membagi lahan konsesi hutan sekitar 2,6 juta hektar, dibagi per orang 2 hektar,” ujar Viktor dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com.

Sementara, lanjut Viktor, Prabowo telah mendapatkan 340.000 hektar konsesi hutan, 220.000 hektar di Kaltim dan 120.000 di Aceh Tengah.

“Jika ini dibagi ke masyarakat maka akan ada 170.000 masyarakat yang mendapatkan tanan dengan masa pakai 35-50 tahun,” ujarnya.

Viktor memberikan catatan, lahan konsesi yang diberikan Jokowi kepada masyarakat ini adalah lahan hutan yang masa konsesinya habis, ijinnya ditarik dan alasan yang lain.

Menurutnya, pilihan Jokowi membagi lahan konsesei hutan ini menunjukkan keberpihakannya kepada masyarakat yang kurang beruntung.

“Bukan segelintir orang penguasa lahan konsesi, seperti yang selalu disampaikan Prabowo, soal penguasaantanah di negeri ini,” ungkapnya.

Menurutnya, pemberian lahan kepada rakyat ini akan sangat membantu untuk ketahanan pangan nasional karena lahan jni akan menjadi lahan produktif dan bisa menjadi tempat produksi tanaman pangan.

“Hal lain adalah pemerataan pendapatan dan pengentasan kemiskinan. Jika lahan 12,7 hektar digunakan dengan benar maka akan ada 6,3 juta keluarga yang kurang beruntung akan meningkat drastis pedapatannya,” ucapnya.