25 radar bogor

Viral Video Cekcok Debat Capres, TKN: Jokowi Tak Pernah Serang Prabowo

BOGOR – RADAR BOGOR, Keributan sempat terjadi karena Badan Pemenangan Nasional (BPN) melakukan protes terhadap KPU. Ini karena dalam debat kedua Joko Widodo (Jokowi) dianggap menyerang Prabowo Subianto soal kepemilikan lahan‎.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Amin, Abdul Kadir Karding mengaku capres nomor urut 01 tidak melakukan pelanggaran dan menyerang Prabowo Subianto.

‎”Kami merasa tidak melanggar dan itu perlu disampaikan bagian dari hak seorang calon pemimpin harus transparan terhadap asetnya,” ujar Karding saat dikonfirmasi, Senin (18/2).

Oleh sebab itu, Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengaku tidak peduli terhadap protes yang disampaikan kubu Prabowo Subianto. Karena memang seorang pemimpin harus transparan mengenai asetnya.

“Jadi kami enggak peduli mau protes sepanjang tidak dilarang oleh UU dan sepanjang itu boleh dan sepanjang itu untuk kepentingan rakyat kita harus lakukan,” katanya.

Karding mengatakan, yang dilakukan Jokowi bukan bentuk serangan personal ke Prabowo Subianto. Karena serang personal itu misalnya pertanyaan yang menyinggung soal keluarga, anak dan pribadi Prabowo Subianto.

“Bahwa seseorang calon pemimpin memiliki aset ratusan ribu hektar itu bukan serangan personal, itu informasi ke publik, supaya publik tahu pemimpin yang mau dipilihnya itu adalah orang yang suka bicara keadilan, yang suka bicara rakyat kecil tetapi di sisi lain menguasai ratusan ribu hektar,” pungkasnya.

Sekadar informasi beredar video yang memperlihatkan keributan sejumlah politikus pendukung Jokowi dengan Prabowo Subianto di dalam arena debat kedua yang diselenggaran KPU di Hotel Sultan pada Minggu (17/2).

Keributan itu ‎pertama kali terungkap dalam video yang diunggah oleh Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Andi Arief melalui akun Twitter miliknya @AndiArief.

“Partai Demokrat tadi malam protes keras KPU yang membiarkan terjadinya serangan yang melanggar aturan,” tulis Andi Arief.

‎Adapun awal video itu tampak suasana begitu tegang karena Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan memperlihatkan emosinya sehingga harus direlai oleh beberapa orang.

Sementara Juru Bicara BPN Ferdinand Hutahaean dalam video itu tampak protes ke para Komisioner KPU. Dia meminta KPU menegur capres nomor urut 01 Jokowi yang menyerang pribadi Prabowo Subianto soal kepemilikan lahan.

“Pokonya kita minta KPU menegur Pak Jokowi karena yang dilakukannya adalah salah‎,” kata Ferdinand dalam video itu.

Diketahui, dalam debat kedua Jokowi mengungkapkan Prabowo memiliki ribuan hektare tanah di dua Provinsi. Yakni di Kalimantan Timur sebabyak 220 ribu hektare dan di Kabupaten Aceh Tengah 120 ribu‎ hektare tanah.