25 radar bogor

Semarak Bogor Street Festival, Warga: Sayang Kalau Tidak Menyaksikan

Warga cukup antusias menyaksikan Bogor Street Festival (BSF) Cap Go Meh 2019, Selasa (19/2/2019) malam.

BOGOR-RADAR BOGOR, Warga tumpah ruah di Jalan Suryakencana, Kota Bogor, untuk menyaksikan perhelatan Bogor Street Festival (BSF) Cap Go Meh 2019, Selasa (19/2/2019) malam.

Mereka nampak begitu antusias menyaksikan acara hiburan yang disajikan dalam kegiatan tersebut. “Acaranya cukup meriah. Saya bersama keluarga sengaja datang ke sini,” ujar Deden (35) yang mengaku berasal dari Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor tersebut.

Dia mengatakan, setiap tahun selalu menyaksikan acara perayaan Cap Go Meh di Kota Bogor. “Acara ini kan cuma setahun sekali, sayang kalau tidak menyaksikan,” terangnya.

Serat Nilai Budaya, Bogor Street Festival Diusulkan Jadi Even Nasional

Pelaksanaan Bogor Street Festival di Kota Bogor, memang mendapat dukungan masyarakat luas. Bukan hanya warga Bogor, warga dari berbagai daerah juga ikut menyaksikan.

“Walau sekarang bukan malam libur, saya tetap datang ke sini untuk menyaksikan festival budaya di acara Cap Go Meh,” terang Santi (25), warga asal Depok.

Sebelumnya, kegiatan ini pun mendapat respon positif dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Bahkan, Kemenpar mengusulkan kegiatan ini menjadi salah satu even nasional.

Sementara itu Ketua Pelaksana BSF CGM 2019 Arifin Himawan mengatakan, penyelenggaraan BSF CGM 2019 tidak hanya merupakan peristiwa budaya, tetapi juga upaya merawat nilai budaya dan kearifan lokal. Kegiatan ini telah berlangsung lama di Kota Bogor seiring terjadinya akulturasi budaya yang terjadi di Indonesia ratusan tahun.

Keunikan dari ciri khas akulturasi ini tetap terpelihara sebagai upaya bersama untuk menjaga ikatan persatuan dalam aksi budaya yang pada akhirnya menjadi destinasi wisata budaya untuk mendorong semangat Jawa Barat Juara. Bahkan keberagaman dan ciri khas yang dimiliki Kota Bogor selalu mengundang pesona bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Ini menjadi bukti bahwa keberagaman justru menciptakan kekuatan, menggambarkan persatuan dan keindahan sesuai dengan kemasan Bogor Street Festival 2019 Katumbiri,” ujarnya kepada Radar Bogor.

https://www.youtube.com/watch?v=PMXKpUehu1g

(gal/pin)