25 radar bogor

Masih Ada Warga Nanggung yang Belum Dapat Bantuan RTLH, Begini Kondisinya

Masih Ada Warga Belum Dapat Bantuan RTLH
Warga RT 01/07, Kampung Nanggung, Desa Babakan, Kecamatan Tenjo yang belum mendapatkan bantuan RTLH.

TENJO – RADAR BOGOR, Rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) belum merata. Buktinya, masih ada warga di RT 01/07, Kampung Nanggung, Desa Babakan, Kecamatan Tenjo yang belum tersentuh bantuan.

Salah satunya, rumah Satria (65) yang tinggal bersama anak lelakinya, menantu dan dua cucu. Ia mengaku, cemas tempat tinggalnya ambruk sehingga membahayakan keselamatan. Terlebih, pelapon kayu sudah rapuh.

Satria tak mampu untuk memperbaiki rumahnya. Sebab, tak memiliki pekerjaan tetap dan hanya bisa menutup kebutuhan makan sehari-sehari.

“Kalau bocor saya tambal dengan bahan seadanya, dan anak saya kerjanya juga kuli bangunan,” ucapnya.

Anak Satria, Suhendar (30) menambahkan, hingga saat ini belum ada bantuan dari pemerintahan. Padahal, pengajuan sudah dua tahun lalu bahkan petugas sudah mengambil data untuk syarat.

Terpisah, Kasi Kesra Desa Babakan, Lasimen mengaku, banyaknya penerima bantuan program RTLH menjadi alasan utama. “Setiap tahun kuota Desa Babakan hanya dapat 60 unit sedangkan data semua untuk pengajuan pada tahun 2020 mencapai 200 rumah,” katanya.

Sementara itu, Bupati Bogor, Ade Yasin mengungkapkan, masalah kemiskinan masih menjadi pekerjaannya yang perlu segera diselesaikan. Sehingga, harus tepat sasaran. “Kami akan cek ulang, cara penanganannya harus di evaluasi. Karena, memang paling tinggi untuk jumlah kemiskinan ada wilayah bogor barat,” pungkasnya. (nal)