25 radar bogor

Viral Jokowi Pakai Earpiece Saat Debat, Tim Prabowo Minta Penjelasan. TKN : Tuduhan Itu Mengada-ada

Jokowi Pakai Earpiece
Capres Nomor Urut 01 Jokowi Dodo

JAKARTA-RADAR BOGOR, Isu Calon Presiden nomor urut 1 Joko Widodo (Jokowi) memakai earpiece saat debat kedua, Minggu (18/2/2019) malam, viral dimedia sosial. Jokowi dituding memakai alat itu sehingga lancar menjawab pertanyaan-pertanyaan dari panelis saat debat tersebut.

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pun langsung bereaksi dengan isu tersebut. Menurut BPN, Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf harus segera memberi penjelasan soal isu itu.

“Kami tidak ingin ini menjadi isu dan fitnah kepada Pak Jokowi bahwa beliau pakai wireless earphone untuk mendengar jawaban. BPN nggak ingin ini jadi fitnah ke Pak Jokowi. Saya sarankan TKN supaya segera mengklarifikasi ini, supaya tidak jadi fitnah dan isu liar. Masa incumbent pakai contekan,” kata Jubir BPN Andre Rosiade kepada wartawan, Senin (18/2/2019).

Dia mengatakan mengikuti isu itu karena viral di media sosial. Andre, yang juga caleg Gerindra ini menyatakan di media sosial ramai dibahas soal gerakan Jokowi menekan pulpen dan memegang telinga padahal tidak ada kertas sehingga dituding memakai earpiece saat debat.

“Kami membaca dan mengikuti viral di medsos ada tuduhan kepada Pak Jokowi menggunakan semacam pulpen yang dipencet-pencet, padahal nggak ada kertas. Terus ada foto Pak Jokowi memencet-mencet kupingnya. Jadi seolah Pak Jokowi pakai earphone. Kayak pakai alat two way talking,” ujarnya.

Andre meminta TKN segera mengklarifikasi isu tersebut. Dia tak ingin isu itu terus berkembang dan berujung menjadi fitnah.

“Sebelum ini jadi isu bola liar segera klarifikasilah Bawaslu, KPU dan TKN karena kami ingin ini tidak menjadi fitnah. Kami tidak ingin menari di atas penderitaan orang. Kami tidak ingin menari di atas isu ini. Biar ini nggak jadi fitnah,” tuturnya.

Sementara itu, Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin membantah isu Jokowi pakai earpiece saat debat kedua. Isu itu disebut sebagai tuduhan yang mengada-ada.

“Seluruh Indonesia juga menyaksikan dengan saksama bagaimana performance-nya Pak Jokowi. Tuduhan itu mengada-ada,” kata Jubir TKN Ace Hasan Syadzily kepada detikcom, Senin (18/2/2019).

Dia menuding isu itu dibuat karena banyak orang yang disebutnya terkesima dengan penampilan Jokowi. Isu itu, menurut Ace, dibuat untuk menutupi kekurangan dari calon lainnya.

“Saking terkesimanya dengan penguasaan materi dan penjelasan Pak Jokowi, mereka membuat cerita yang aneh-aneh seperti earpiece. Itu hoax yang dilakukan untuk menutupi ketidakmampuan Pak Prabowo,” tuturnya.

Ace menyatakan tak mungkin Jokowi menggunakan earpiece saat debat. Caleg dari partai Golkar ini menyebut semua pihak yang terlibat di debat kedua itu terikat dengan pakta integritas.

“Tidak mungkin itu dilakukan karena KPU dan Panelis juga terikat dengan pakta integritas yang telah dibuatnya,” ujar Ace. (dtk/ysp)