25 radar bogor

Tumbang Akibat Angin Kencang, Pemkot Bogor Kebut Pendataan Pohon

Pohon tumbang di Jalan Sudirman. (Instagram/dishubkotabogor)

BOGOR-RADAR BOGOR, Hujan deras yang disertai angin kencang yang melanda Kota Bogor beberapa hari terakhir mengakibatkan sejumlah pohon tumbang. Salah satunya di Jalan Sudirman, Sabtu (16/2/2019).

Kasi Pemeliharaan Taman pada Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor Erwin Gunawan mengatakan, berdasarkan data terbaru pohon tumbang terjadi di Jalan Sudirman yakni satu pohon Kelor Laut, satu pohon palem dan satu pohon Felicium.

Kemudian di Jalan Pandu yakni satu pohon lengkeng, satu pohon Bungur Patah.

Selanjutnya di Sempur kaler dan Jalan Gunung Batu masing-masing satu pohon trembesi.

Lalu di Jalan Palupuh satu pohon kersen dan di Jalan Martadinata Kampung Jawa dua pohon yaitu pohon kupu-kupu dan kicopong.

“Pohon kelor laut itu salah satu pohon yang tua di Kota Bogor karena berusia sekitar 90 tahun,” katanya.

Erwin memastikan pohon kelor laut yang tumbang itu dalam kondisi sehat. Sebab pada Januari lalu pihaknya sempat memangkas bagian pohon agar mengurangi beban saat terkena terpaan angin.

Namun karena BMKG menginformasikan bahwa terjadi angin Cumulonimbus di wilayah tersebut mengakibatkan pohon tumbang.

“Jadi ternyata kejadian ini bukan hanya di Bogor tengah tetapi di beberapa tempat ada. Seperti Di Cimahpar, Sempur sampai ke Ciomas, jadi angin naik ke atas,” ungkapnya.

Karena cuaca ekstrim masih terjadi beberapa hari ke depan, dia akan menggiatkan pemeriksaan pohon-pohon. Karena berdasarkan data terakhir tercatat sebanyak 106 pohon masuk dalam peringkat resiko pohon dengan kategori tinggi.

“Kalau kategori rendah ada 168 pohon dan kategori sedang 64 pohon, kita akan rutin melakukan pengecekan secara berkala dan juga melakukan pemangkasan-pemangkasan,” pungkasnya. (gal/c)