Beranda Bogor Raya

Sindikat Pedagang Miras Oplosan Maut di Gunungputri Dibekuk Petugas

Sindikat Pelaku Miras Oplosan Dibekuk
Dua pelaku penjual miras oplosan berhasil dibekuk petugas Polsek Gunungputri, Minggu (17/2/2019) malam.

GUNUNGPUTRI-RADAR BOGOR, Dua orang sindikat pendagang miras oplosan berhasil dibekuk jajaran Polsek Gunungputri, di Jalan Raya Cicada, Desa Cicadas, Kecamatan Gunungputri, Minggu (17/2/2019) malam. Dalam penangkapan tersebut, polisi juga menyita bahan baku pembuat miras dalam derigen.

“Dua pelaku yang ditangkap berinisial AM (33) dan YS (44),” ujar Kapolsek Gunungputri, Kompol Yudi Kusyadi, kepada Radar Bogor.

Yudi mengatakan, saat ini Unit Kriminal Polsek Gunungsindur masih melakukan penyelidikin mengenai peredaran miras maut tersebut. Termasuk penjualannya yang diduga hingga wilayah Cileungsi.

“Berbahaya atau tidak kami tetap melakukan penyelidikan. Untuk masalah miras ini kami tidak main-main, ada program untuk operasi miras terutama oplosan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perundang-Undangan Satpol PP Kabupaten Bogor, Agus Ridho mengatakan institusinya siap bersinergis untuk mengusut pernjualan miras di bumi Tegar Beriman. Tidak hanya sanksi pidana, Agus menegaskan, jual beli miras ini juga melanggar Perda Ketertiban Umum. Pelakunya bisa dikenakan hukuman penjara dan denda maksimal Rp50 juta.

“Satpol PP Kabupaten Bogor rutin melakukan operasi Nongol Babat (Nobat), menjadi program 100 hari Bupati Bogor Ade Yasin dan Wakil Bupati Iwan Setiawan, seperti pada 14 Februari lalu kami menyita ratusan ribu botol miras,” bebernya.

Tokoh masyarakat Gunungputri Cicasar, Wawan Ramdani turut mengutuk keras jual beli miras di wilayah. Ia menilai perlu ada keterlibatan semua unsur dalam menyikapi serius persoalan miras. Mulai dari kepemudaan, tokoh masyarakat dan kelembagaan desa, juga komunitas-komunitas.

“Kita harus bisa bersinergi dengan aparat penegak hukum untuk pengawasan terhadap peredaran miras. Jangan mudah mengeluarkan ijin, mulai dari ijin lingkungan dan seterusnya,” kata dia. (don)

Baca Juga