25 radar bogor

Luhut Ikut Telibat Adu Mulut saat Jedah Debat, Bawaslu Bakal Kaji Adanya Pelanggaran

Debat Kedua Capres 2019 anatara calon nomor urut 01 Joko Widodo dan nomor urut 02 Prabowo Subianto, Minggu (17/2/2019) malam.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Beberapa poin dalam debat Calon Presiden (Capres) 2019 antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto, Minggu (17/2/2019) malam menjadi perdebatan hangat dikalangan pendukung kedua calon.

Salah satunya serangan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) ke calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto berupa sentilan soal kepemilikan lahan, yang sempat memanaskan arena debat saat jeda segmen.

Berdasar cuplikan video yang tersebar ke publik, suasana riuh tersebut melibatkan adu mulut di antara masing-masing tim sukses. Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan bahkan sempat terlihat ditenangkan kedua timses untuk mengakhiri ketegangan.

Anggota Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) Fritz Edward Siregar yang menjadi salah satu saksi dalam insiden itu membenarkan bahwa sempat terjadi debat antara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.

“Semua orang ngomong, 01 dan 02, saling berbicara begitu. Kalau Anda berada di ruang itu, semua orang sambil mengobrol aja,” ujar Fritz seperti dikutif dari CNN, Senin (18/2).

Kejadian itu berlangsung dalam jeda antarsegmen setelah Jokowi menyentil kepemilikan ratusan ribu hektare lahan di Kalimantan Timur dan Aceh Tengah oleh Prabowo.

Fritz mengonfirmasi komisioner KPU dan Bawaslu sampai turun untuk mendinginkan suasana. Namun Fritz enggan berkomentar lebih jauh. “Saya berada di situ, itu kan saling berdebat, semua orang saling mendekati supaya tenang saja,” terangnya.

Pihaknya masih mengkaji potensi pelanggaran pemilu terkait serangan Jokowi tersebut. “Hal itu sudah menjadi bahan kajian kami, untuk melihat apakah ini melanggar dugaan pemilu, apakah dugaan melanggar debat,” kata Fritz.

Sebelumnya, Wakil Sekjen Partai Demokrat Andi Arief mengungkap telah terjadi adu mulut antara TKN dan BPN dalam sebuah jeda di Debat Capres Kedua Pilpres 2019.(pin)