25 radar bogor

Kodim 0606/Kota Bogor Deklarasikan Anti Hoax

BOGOR-RADAR BOGOR, Peran media untuk menyampaikan informasi amatlah penting untuk membentuk cara berfikir masyarakat dalam menyerap isu. Hal itu diungkapkan Dandim 0606/Kota Bogor Letkol Czi Aji Sujiwo ketika mendeklarasikan Anti Hoax di Makodil 0606/Kota Bogor.

Menyikapi dampak negatif hoax, kata dia, Kodim 0606/Kota Bogor mengajak para awak media, khususnya media online, untuk menyatakan Deklarasi Anti Hoax di Makodim 0606/Kota Bogor. Deklarasi ini diharapkan dapat mendorong awak media untuk menjadi ujung tombak penyebaran berita dan informasi yang benar ke masyarakat.

“Serta mengawasi dan mencegah penyebaran hoax di kalangan masyarakat dan juga mengedukasi masyarakat tentang bahaya penyebaran Hoax,” tegasnya.

Deklarasi ini sejalan dengan kebijakan Danrem 061/Sk, Kolonel Inf Novi Helmy Prasetya. Dia menyatakan perang terhadap Hoax dengan harapan agar tercipta kenyamanan di tengah-tengah masyarakat.

“Kami harus menyajikan berita dan informasi yang benar kepada masyarakat agar potensi konflik dan perpecahan akibat hoax dapat dicegah sedini mungkin,” jelas dia.

Menurutnya, tak jarang media sosial yang seharusnya digunakan sebagai perekat manusia, justru digunakan untuk meretakkan hubungan. Hal ini dikarenakan adanya oknum yang sengaja maupun tidak sengaja, menciptakan dan menyebarkan informasi atau berita bohong alias hoax.

Bagi kalangan masyarakat yang rentan dalam pendirian dan mudah terpengaruh akan mudah percaya terhadap hoax dan bahkan ikut menyebarkannya. Tentunya, hal ini akan mempengaruhi masyarakat untuk timbul rasa benci terhadap sesuatu tanpa dasar.

“Akibatnya muncul potensi perpecahan dan konflik,” imbuhnya. (gal/c)