25 radar bogor

Inilah Buku yang Dibawa Prabowo Saat Debat, Isinya Menarik!

BOGOR – RADAR BOGOR, Debat kedua Pilpres 2019 telah usai dilaksanakan. Petahana Joko Widodo (Jokowi) dan penatangnya Prabowo Subianto sudah menunjukan performa terbaik dalam tema pangan, energi, lingkungan hidup, sumber daya alam dan infrastruktur.

Namun, saat ditanya soal keseluruhan hasil debat, Prabowo tak banyak komentar. Tapi, dia cukup senang dengan hasil malam ini.

“Ya oke lah ya,” ujar Prabowo setelah debat di Hotel Sultan Jakarta, Minggu (17/2).

Prabowo lantas menjelaskan sebuah buku yang dibawa-bawanya ke atas panggung debat. Menurutnya itu adalah bacaan yang tengah dipelajarinya. Judulnya Why Nations Fail.

Isinya bercerita bahwa sebuah negara gagal akibat rusaknya lembaga-lembaga penopang negara tersebut. Salah satu penyebabnya lantaran masifnya korupsi, yang merusak bangsa dari dalam.

Meski begitu, mantan Pangkostrad itu menegaskan dia bukan pesimis melihat Indonesia. Dia hanya mempelajari penyebab rusaknya sebuah negara, sehingga ketika mendapat kesempatan memimpin bangsa bisa melakukan pencegahan.

“Ya optimis, kalau nggak optimis ngapain gua jadi Presiden,” tegas Prabowo.

Lebih lanjut, penyandang bintang tiga TNI itu memberi wejangan untuk pasangannya, Sandiaga Salahuddin Uno yang akan menjalani debat berikutnya. Dia berpesan agar tetap mengedepankan etika yang baik. Ketua Umum Partai Gerindra itu tak mau tensi politik memanas hingga terjadi pergolakan.

“Saya kira kita baik, santun, saling menghormati. Kan rakyat ingin cari pemimpin yang memberikan pemecahan persoalan. Pemimpin-pemimpin mereka senang kalau pemimpin-pemimpin itu rukun,” pungkas Prabowo.