Beranda Berita Utama

Tak Menduga Berita ‘Ahok Gantikan Ma’ruf Amin?’ jadi Masalah Buat TKN, Ini Klarifikasi Pemred Indopos

Koran Indopos dengan judul berita Ahok Gantikan Maaruf Amin?

JAKARTA-RADAR BOGOR,Pimpinan Redaksi Indopos Juni Armanto mengklarifikasi artikel mereka berjudul Ahok Gantikan Ma’ruf Amin? yang dilaporkan Tim Kampanye Nasional Joko Widodo – Ma’ruf Amin (TKN Jokowi – Ma’ruf) ke Dewan Pers.

Juni mengaku tidak menyangka berita itu akan seheboh ini. Selain itu, artikel ini diangkat untuk menjawab polemik yang ramai di media sosial.

“Kami tidak memperkirakan ternyata berita ini jadi permasalahan besar khususnya di TKN, karena secara pemberitaan sebenarnya kami mencoba mengklarifikasi,” kata Juni saat dikonfirmasi, Jumat (15/2).

Juni melanjutkan, wartawannya melihat ada sesuatu konten yang viral menjadi polemik di media sosial. Saat itu, wartawan melakukan klarifikasi kepada TKN, politikus PDI Perjuangan dengan pengamat. “Dan dalam berita itu membantah, hoaks,” kata Juni.

Di samping itu, Juni juga mengaku tidak memantau artikel itu sebelum tayang. Dia menjelaskan, perizinan berita juga bisa dilakukan oleh redaksional setingkat redaktur.

“Redaktur sudah tahu. Saya juga terakhir-terakhir baru tahu ada berita ini, karena saya tidak bisa mengecek semua. Tetapi ada tim yang meng-cross check masalah itu,” kata Juni.

Terlepas dari polemik itu, Juni memastikan redaksionalnya netral dalam Pemilihan Presiden 2019 ini. Indopos, kata dia, memiliki komitmen untuk memberitakan secara independen dan berupaya untuk menerangkan suatu peristiwa agar valid.

“Kami tidak berpihak kubu TKN dan BPN. Kalau ada masalah, ini karena dinamika. Tetapi kalau sudah dilaporkan ke Dewan Pers, ya sudah kami jelaskan seperti apa. Intinya kami akan buka klarifikasi,” tandas dia. (tan/jpnn)

Baca Juga