25 radar bogor

Empat Warga Tewas di Ciomas, Ini Daerah-daerah yang Terkena Longsor di Bogor

Longsor menyebabkan satu rumah warga di Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, rusak parah akibat diterjang longsor, Jumat (15/2/2019) malam.
Longsor menyebabkan satu rumah warga di Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, rusak parah akibat diterjang longsor, Jumat (15/2/2019) malam.

BOGOR-RADAR BOGOR, Longsor akibat hujan deras Jumat (15/2/2019) malam tidak hanya terjadi di Desa Sukamakmur, Kecamatan Tamansari, tapi juga terjadi di beberapa titik di Bogor.

Dari informasi yang diterima radarbogor.id, di Kota Bogor, longsor terjadi di Kampung Batakal, Kelurahan Batu Tulis, Kecamatan Bogor Selatan. Longsor ini mengakibatkan sebuah pabrik kerupuk milik warga rusak.

Di Kabupaten Bogor, longsor juga terjadi di Kampung Cilame RT 02/12, Desa Sukamaju, Kecamatan Cigudeg, Jumat (15/2/2019) malam. Salah satu rumah warga rusak berat akibat diterjang longsor.

Longsoran tanah menimpa rumah milik Wawan. Tinggi longsor kurang lebih 15 meter dengan lebar kurang lebih 13 meter. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Warga sudah bergotongroyong membersihkan material longsor.

Sementara longsor di Desa Sukamakmur, Kecamatan Ciomas, menyebabkan empat warga tewas. Mereka yang tewas masih satu keluarga, yakni Nurhayanti (60), Imelda Yanti (13), M Wildan (3) Dea Aprilia (8). Kempat korban meninggal dunia akibat tertimpa material longsor.

Camat Ciomas, Entis Sutisna menerangkan, seluruh korban telah berhasil dievakuasi Sabtu (16/2/2019) sekiranya pukul 00:23 WIB. Empat korban jiwa yang selamat juga telah dilarikan ke rumah sakit. “Korban ini semuanya satu keluarga yang berada di dalam satu rumah,” ujarnya kepada Radar Bogor, Sabtu (16/2/2019).

Berdasarkan pantauan wartawan Radar Bogor, meski dalam kondisi diguyur hujan deras, Muspika bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor dan warga setempat terus berusaha melakukan evakuasi.

Tim gabungan berusaha menyelamatkan korban. Sebab, akibat terjangan longsor tersebut, rumah milik korban berikut isinya rata dengan tanah akibat tertimbun material longsor.(rp1/RBID)