Beranda Berita Utama

Siap-siap, Tarif Tol Jagorawi Bakal Naik

Ribuan kandaraan antre keluar dari Tol Jagorawi untuk menuju kawasan Puncak, Kabupaten Bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, Para pengendara yang setiap hari melewati Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) bersiap-siaplah untuk menyesuakan kenaikan tarif.

Pasalnya, sejumlah ruas tol akan mengikuti jejak Tol Sedyatmo atau Tol Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) yang menyesuaikan kenaikan tarif sejak Kamis (14/2/2019) lalu. Dari 15 tol yang akan mengalami kenaikan tarif, salah satunya Jagorawi.

Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Koentjahjo Pamboedi mengatakan, sebenarnya ada 18 ruas tol yang melakukan penyesuaian tarif tahun ini. Namun, ada tiga ruas yang tidak menyesuaikan karena tol ini baru saja terintegrasi.

Dia mengatakan, kebijakan itu dibuat dengan mengacu pada Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Pasal 68 ayat (1) PP Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol. Dimana evaluasi dan penyelarasan tarif tol dilakukan tiap dua tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi.

”Kami mulanya sempat menyatakan bakal ada 18 ruas tol yang tarifnya kemungkinan dinaikkan atau dikecilkan. Namun, akhirnya menetapkan hanya 15 tol saja yang akan dilakukan penyesuaian tarif pada tahun ini,” katanya kepada wartawan belum lama ini.

Menurutnya, ada tiga ruas yang tidak menyesuaikan karena tol ini baru saja terintegrasi. Yakni Semarang Seksi ABC, Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (Jakarta Outer Ring Road/JORR) serta Pondok Aren-Bintaro Viaduct-Ulujami. ”Ketiga tol tersebut tak jadi ada perubahan tarif lantaran ketiga ruas tersebut baru saja terintegrasi,” ucapnya.

Ke-15 ruas tol yang mengalami penyesuaian tarif pada 2019 di antaranya ruas tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi), Tol Makassar Seksi IV, Gempol-Pandaan, Cikampek-Palimanan, Bali Man­dara (Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa).

Kemudian Tol Dalam Kota Jakarta (JIUT), Surabaya-Gempol, Pali­manan-Plumbon-Kanci, Belawan-Medan-Tanjung Morawa, Serpong-Pondok Aren, Tangerang-Merak, Ujung Pandang Tahap I dan II, Jakarta-Tangerang, Padalarang-Cielunyi, Cikampek-Purwakarta-Padalarang.(pin)

Baca Juga