Beranda Metropolis

Kepala Sekolah Miliki Tiga Tugas Utama

Wali Kota Bogor Bima Arya melantik 24 Kepala Sekolah Dasar di Paseban Sri Baduga, Balai Kota Bogor,

BOGOR-RADAR BOGOR,Wali Kota Bogor, Bima Arya, menekankan bahwa setiap kepala sekolah memiliki tiga tugas utama yang sejatinya melekat pada dirinya, yaitu sebagai pengajar, sebagai pendidik dan sebagai pengelola.

“Apabila ketiganya dilaksanakan dengan hati, dijalankan dengan maksimal, Insya Allah akan memberikan kemaslahatan dan manfaat yang maksimal,” kata Bima saat melantik sebanyak 24 Kepala Sekolah Dasar di Paseban Sri Baduga, Balai Kota Bogor, Jalan Ir. H. Juanda, Kamis (14/02/2019) siang.

Tugas sebagai pengajar kata Wali Kota, kepala sekolah memiliki tanggung jawab memberikan ilmu yang bermanfaat kepada para siswa. Dengan tanggung jawab ini para kepala sekolah diminta terus meningkatkan kemampuan memperbaiki metodologi pengajaran, memperbaiki kurikulum dan melakukan penguatan-penguatan yang diperlukan bagi sekolah dan tenaga pengajar agar kapasitas keilmuan para siswa dapat meningkat.

Sementara itu sebagai pendidik, berarti bicara bagaimana membangun karakter, akhlak dan moral. Tidak semua mampu menjadi seorang pendidik, banyak yang terhenti hanya sebatas mengajar, transformasi ilmu, memindahkan teks atau buku ke dalam pikiran para siswa.

“Tugas kedua ini lebih berat karena memerlukan keteladanan, satu antara kata dan perbuatan,” ujar Bima.

Di tangan para pendidik sambung Bima, masa depan Kota Bogor dan NKRI dipertaruhkan. Mendidik dan mempersiapkan para generasi muda yang tidak silau pada materi, tidak terjebak kepada hal-hal yang kekinian serta mempersiapkan generasi muda yang siap menjemput dan menghadapi masa depan.

“ Memberikan motivasi dan inspirasi inilah masuk dalam tugas sebagai pendidik,” tutur Bima.

Tugas ketiga sebagai pengelola. Kepala sekolah adalah manajer yang memiliki tanggung jawab untuk terus memperbaiki sistem pengelolaan sekolah agar transparan, profesional, efektif dan efisien. Jika ada pungutan liar (pungli), baik oleh oknum maupun dilakukan secara sistematis maka itu menjadi tanggung jawab kepala sekolah.

Disamping itu jika ada persoalan keuangan, fisik yang tidak maksimal ini pun masuk ranah kepala sekolah selaku pengelola atau manajer.

“ Jadi kepala sekolah itu manajer, motivator sekaligus juga guru. Semoga tugas tersebut bisa dipahami dan dijalankan dengan baik mengingat tantangannya yang dihadapi sangat luar biasa,” ujar Wali Kota.

Terakhir Bima berpesan kedepan para kepala sekolah memiliki kemampuan untuk bisa berkolaborasi, berkomunikasi dan berkoordinasi dengan semua pihak. Mulai dari siswa, orang tua, dinas pendidikan serta pihak lainnya secara baik, sehingga ketiga aspek bisa dijalankan dengan baik dan maksimal.

Plh. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Jana Sugiana menyebutkan, tugas kepala sekolah merupakan amanah yang harus diterima dan dijalankan. Dia berharap kepala sekolah yang hari ini dilantik bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan bisa membantu para guru membentuk para siswa di Kota Bogor menjadi siswa yang memiliki karakter dan berprestasi.

Dari 24 kepala sekolah SD yang dilantik, 9 orang promosi menjadi kepala sekolah dan sisanya adalah rotasi. Turut mendampingi Wali Kota Bogor, Plh. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Achsin Prasetyo. (humas:rabas/indra/magang-SZ)

Baca Juga