25 radar bogor

Dukung Pengembangan Geopark, Jalan Raya Galuga Hingga ATS Bakal Diperlebar

Pemerintah Kabupaten Bogor berencana memperlebar Jalan Raya Galuga hingga ATS.

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten Bogor, terus berusaha memperbaiki infsatruktur jalan di Bumi Tager Beriman yang selama ini banyak dikeluhkan masyarakat. Salah satunya pelebaran Jalan Raya Galuga hingga ATS.

Ini pun sejalan dengan rencana pengembangankawasan Geopark di Kabupaten Bogor yang makin diseriusi Bupati Bogor, Ade Yasin. Termasuk pengembangan geopark di Rancabungur. Untuk merealisasikan wacana tersebut, pemerintah daerah (pemda) bakal meningkatkan infrastruktur jalan berupa pelebaran jalan.

“Nanti mulai dari Galuga sampai Jalan Atang Sandjaja (Ats) akan dilebarkan supaya tiap kecamatan terintegrasi dan ini sebagai upaya pendukung pengembangan geopark di sini,” ujarnya.

Menurut Ade, Rancabungur menyimpan potensi wisata yang sayang jika dilewatkan. “Saya sudah melihat lokasi dan akan ada pelebaran sekitar 4 meter di kiri kanan jalan. Nanti di sepanjang jalan itu bisa jadi wisata edukasi,” jelasnya.

Terpisah, Camat Rancabungur, Cecep Imam, mengatakan, untuk pengembangan Geopark ini, pihaknya memanfaatkan lahan milik PU Pengairan yang selama ini malah dimanfaatkan sekelompok orang tak bertanggung jawab, khususnya di Bantarjati sampai Pasirgaok.

“Kalau kita lihat banyak bangunan ilegal di atas tanah negara. Makanya ke depan akan kita tertibkan. Sehingga bisa dipakai untuk pengembangan geopark,” ungkapnya.

Cecep juga akan mengirimkan surat pemberitahuan pada warga yang menempati lahan milik PU Pengairan. “Kalau untuk pembelian lahan itu belum. Tapi kami akan kirimkan surat berisi seruan agar mereka meninggalkan lahan itu,” tandasnya.(brt/feb/py)