25 radar bogor

Akses Kampung Cibeureum Lumpuh, Warga Bangun Jembatan Kayu Sementara

Warga Kampung Cibeureum Sukamakmur membangun jembatan kayu sebagai akses sementara.

SUKAMAKMUR-RADAR BOGOR, Lumpuhnya akses jembatan penghubung Kampung Werkip dengan Kampung Cibeureum, kini mulai berangsur pulih. Warga mulai beraktifitas, setelah gotong royong didanai pemerintahan desa membangun jembatan sementara mengunakan kayu seadannya.

“Kami hari ini sedang membangun jembatan kayu agar warga tetap beraktifitas untuk sementara waktu,” ujar Kepala Desa Sukawangi, Hendro Hermanto kepada Radar Bogor kemarin.

Lanjut Hendro, menyikapi warga yang menuntut segera dibangunkan jembatan permanen, Pemdes akan menbangunnya. Namun, waktu rencana pembangunan mengunakan Dana Desa (DD) harus dianggarkan lebih dahulu. Dalam proses ini, warga diminta bersabar untuk menanti pembangunan jembatan permanen.

“Jembatan ini hanya sementara. Insya Allah dalam waktu dekat kami akan bangun. Warga bersabar dulu,” terang Hendro.

Sebelumnya diberitakan, lonsor akibat hujan deras kembali menerjang Desa Sukawangi, Kecamatam Sukamakmur. Meski tidak memakan korban, namun peristiwa ini mengakibatkan akses dua wilayah bagi 200KK terganggu. Jembatan ini menjadi akses sekolah, bertani, hingga ke pasar.

Menurut salah seorang warga Kampung Werkip, Cahyono (55) menuturkan amblesnnya jembatan diketahui warga pada Rabu sekitar pukul 05.00WIB. Warga yang hendak pergi bertani langsung melaporkan kejadian ini ke kantor Desa. “Kami bersama warga rapat agar bersama untuk membangun jembatan sementara dengan kayu,” ujarnnya. (don/c)