25 radar bogor

Pembangunan RSUD Utara, Sekda Minta Dinkes Segera Menyusun DED

Pembangunan RSUD Utara
Inilah lokasi PSU yang rencananya digunakan sebagai tempat dibangunnya RSUD di wilayah Utara.

PARUNG – RADAR BOGOR, Sekretaris Daerah (Sekda) meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor untuk segera menyusun DED, terkait rencana pembangunan Rumah Sakit Daerah (RSUD) Utara, yang sesuai FS di Desa Cogreg.

“Tahun ini saya minta Dinkes untuk DED, sehingga di 2020 bisa jadi prioritas. Saya berharap ketika ada usulan 2020, dewan menyetujui pembangunan untuk RSUD Utara,” kata Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Burhanudin usai boling kemarin.

Ketika ditanya soal status lahan, Burhan mengatakan tidak ada masalah dengan luas tiga hektare, yang awalnya akan beli tapi karena tidak ada anggaran dari pemkab. Akhirnya, diputuskan menggunakan lahan Psarana Sarana dan Utilitas (PSU).

“Meskipun sudah ada FS di Desa Cogreg, lokasinya akan ditentukan nanti mana yang cocok. Karena, ada aturan dari dinkes tahun ini disusun DED sambil menunggu proses proposal yang diajukan ke pusat,” kata Burhan.

Ia juga menambahkan, awalnya Dinas Kesehatan menganggarkan Rp50 miliar untuk pembebasan lahan, namun karena tidak ada sumber keuangannya, akhirnya Pemkab Bogor mencari lahan fasilitas sosial atau fasilitas umum.

“Agar awal 2020 proyek pembangunan RSUD Wilayah Utara bisa dimulai. Saya sudah meminta dinkes segera mengusulkan rencana tersebut dalam APBD Perubahan di tahun ini,” tambahnya

Terpisah, Bupati Bogor Ade Yasin menuturkan, RSUD di wilayah utara menjadi prioritas sebagai bagian pelayanan dasar kepada masyarakat, dan pihaknya akan meminta anggaran kepada Pemprov Jabar hingga pusat untuk pembangunan fisiknya. “Untuk lahan kita coba pakai lahan PSU, supaya tidak keluar anggaran lebih besar untuk pembebasan lahan,” tutupnya. (nal/c)