25 radar bogor

Pekerjaan Rel Ganda Bogor-Sukabumi Dikebut, Masuk Pembebasan Lahan Tahap III

Pekerjaan double track Bogor-Sukabumi.

CIGOMBONG-RADAR BOGOR, Dirjen Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus mengebut pekerjaan pembangunan rel ganda (Double Track) Bogor – Sukabumi. Terbaru, Kepala Desa Wates Jaya, Rudi Irawan mengatakan, pembebasan bidang tanah tahap ketiga akan kembali dilakukan pihak DJKA di wilayah yang dipimpinnya.

Akan tetapi, Rudi memastikan bahwa pembebasan tersebut belum pasti kapan dilakukan. “Belum ada pengukuran dari DJKA tapi yang jelas ada beberapa RT dan RW lagi yang akan dibebaskan pada tahap ketiga itu, “ungkapnya.

Ia menjelaskan, rencana DJKA tersebut memang telah disiapkan pihak bersangkutan setelah melakukan pembebasan bidang pada tahap satu dan dia. “Nanti jumlah total KK tahap ketiga akan keliatan setelah adanya pengukuran, “kata Rudi.

Untuk jumlah keseluruhan Warga Desa Wates Jaya yang terdampak pembebasan tahap satu dan dua, lanjut dia, sebanyak 210 KK telah menerima uang kerahiman. Lahan mereka pun telah menjalani pembangunan Double Track. “Pembangunan saya liat sudah berjalan. Tapi belum selesai. Nah wacana sudah ada yang jelas untuk tahap tiga untuk kelanjutannya, “imbuhnya.

Diperkirakan, pekerjaan tersebut akan selesai tahun depan dari pagu waktu masa pengerjaannya.

Sebelumnya, Masyarakat terdampak juga telah menerima uang kerahiman. Adapun uang kerahiman tersebut diserahkan kepada 549 KK warga terdampak dengan pembebasan lahan sekitar 300 bidang tanah.

Salah satu desa terdampak yakni Desa Wates Jaya, Kecamatan Cigombong. Setelah berhasil melakukan pembebasan bidang tanah tahap satu dan dua. Rencananya, tahap ketiga pun akan segera dilakukan pihak DJKA. (rp1/c)