25 radar bogor

Selain Bikin Kolaborasi Wayang Rock, Caleg Rocker Ini Rajin Pengajian

Pulung si Caleg Rocker saat memberikan sambuatan di pegelaran waynga plu rock yang digelar rutin di dapilnya.

JAKARTA – RADAR BOGOR, Pemilu kurang dari dua bulan lagi. Calon anggota legislatif (Caleg) kini makin gencar turun ke daerah pemilihannya (Dapil). Berbagai model dan strategi kampanye pun diterapkan. Salah satunya dengan menggelar pengajian dan wayangan.

Itu yang dilakukan oleh Calon anggota legislatif (caleg) DPR di daerah pemilihan DKI Jakarta III Pulung Agustanto. Acara tersbut itu digelar sebagai upaya menjalin tali silaturahmi dengan warga di dapilnya.

“Ini adalah bagian dari cara saya bersilaturahmi dengan bapak, ibu dan relawan semua. Bagaimanapun juga ikhtiar saya sebagai caleg tergantung bapak, ibu, mas, mbak dan adik-adik semua,” ujar Pulung saat mengonsolidasikan pendukungnya di Gelanggang Remaja Jakarta Utara (GRJU) di Jalan Yos Sudarso, Kebon Bawang, Tanjung Priok, Minggu (10/2).

Konsolidasi itu diharidi ratusan orang yang tergabung dalam Relawan Pulung Menang (RPM). Semuanya dari Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Sebelumnya, Pulung juga menyosialisasikan diri melalui pergelaran wayang di RT 015/RW 008 Penjaringan, Jakut, Sabtu (9/1) malam. Pergelaran wayang dengan dalan Ki Warseno Slank itu menampilkan lakon Wahyu Cakraningrat.

“Kalau Senin sampai Jumat itu saya pengajian bareng majelis taklim di Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Kemudian dapat ide, setiap hari Sabtu wayangan, saya pikir ini layak digelar,” katanya saat ikut tampil dalam sesi goro-goro.

Cucu Kyai ternama di Magelang itu juga menyampaikan pesan kepada warga Penjaringan agar memenangkan duet Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang. “Tentu saya juga butuh dibantu, tetapi jangan lupa kasih kesempatan sekali lagi kepada Pak Jokowi,” kata Pulung.

Lebih lanjut Pulung mengatakan, Jokowi adalah presiden yang benar-benar sesuai angan-angannya selama ini. Jokowi, sebut Pulung, adalah sosok pejabat yang sangat santun dan merakyat.

“Anak-anaknya tidak cawe-cawe urusan politik, tetapi malah jualan martabak dan pisang goreng,” katanya.

Karena itu Pulung meminta warga Penjaringan memilih Jokowi pada Pilpres 2019. “Kita pilih Pak Jokowi sekali lagi. Setuju sederek (saudara, red)?” ujar Pulung yang langsung ditimpali kor ‘setuju’ dan aplaus penonton.

Pergelaran wayang itu menjadi tontonan mengasyikkan bagi ribuan warga. Pulung tak hanya ikut bermain saat sesi goro-goro, tetapi juga menyanyi. Namun, yang unik, Pulung juga memboyong grup band Yankee Rose yang biasa memainkan lagu-lagu rock untuk bermain di wayangan.

Politikus berjuluk ‘caleg rocker’ itu lantas membawakan tiga buah lagu, yakni When I See Your Smile yang dipopulerkan Bad English, Making Love Out of Nothing at All milik Air Supply, serta tembang kondang karya Guns N’ Roses yang bertitel Sweet Child O’ Mine.

Para niyaga pengiring pergelaran wayang berkolaborasi dengan Yankee Rose untuk mengiringi Pulung bernyanyi. Suara gamelan bersahutan dengan raungan bunyi gitar listrik dan deru drum.

Sang dalang wayang kulit Ki Warseno menyampaikan penilaiannya tentang Pulung. Pria kelahiran Klaten, Jawa Tengah itu menyebut Pulung sebagai sosok cerdas, punya skill luar biasa dan cocok untuk anak-anak muda. “Perfect (sempurna, red) kok. Caleg gaul,” kata Ki Warseno.

Selain itu, Ki Warseno juga mendoakan Pulung lolos sebagai anggota DPR. “Semoga Pulung panjenengan (keberuntungan anda, red) memperoleh Wahyu Cakraningrat,” kata dalang adik kandung Ki Anom Suroto tersebut

Editor : Dimas Ryandi