Beranda Bogor Raya

Pemkab Bogor Majukan Pilkades Serentak di 273 Desa, Ini Jadwalnya

Bupati Bogor, Ade Yasin mengadakan pertemuan dengan pengurus Apdesi Kabupaten Bogor, membahas jadwal Pilkades serentak, Senin (11/2/2019).

CIBINONG-RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan mempercepat pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak gelombang ketiga. Jika sebelumnya pilkades serentak di 273 desa itu akan dilakukan pada 2020 mendatang, kini dipercepat menjadi 3 November 2019.

Kesepakatan itu diambil setelah Bupati Bogor, Ade Yasin mengadakan pertemuan dengan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Bogor di Pendopo Bupati, Cibinong, Senin (11/2/2019).

Bupati Ade Yasin mengungkapkan alasan dimajukannya Pilkades di 39 kecamatan. “Kita majukan untuk kepala desa yang habis masa jabatannya pada akhir 2019 dan awal 2020. Karena kita butuh tenaga PNS-nya dibanding harus jadi Plt Kades,” ujarnya.

Terlihat pada Surat Keputusan (SK) Bupati Bogor Nomor 6 Tahun 2015 tentang Desa, Pilkades serentak gelombang tiga, seharusnya diikuti 339 desa, namun usai bertemu 40 pengurus Apdesi, akhirnya gelaran pilkades dimajukan.

“Dimajukan prosesnya setelah Pemilu 2019. Supaya tidak ada Plt karena kita butuh tenaga PNS, supaya bekerja sesuai tugas dan fungsinya,” kata dia.

Sementara perwakilan Apdesi Kabupaten Bogor, Aziz Anwar menjelaskan, kedatangannya ke pendopo untuk memastikan dimajukannya jadwal Pilkades serentak.

“Awalnya kan belum valid informasinya soal dimajukan itu. Tapi, sekarang sudah jelas jadi dimajukan. Sementara 66 desa sisanya tetap di tahun 2020 pemilihannya,” kata Aziz.(cek/ps/pin)

Baca Juga