Beranda Bogor Raya

Lima Tahun Jembatan Desa Banjarsari Hancur, Ajuan Perbaikan Tak Direspon Pemdes

Jembatan Desa Banjarsari Ciawi
Kondisi jembatan di Kampung Blendung Rt 05/03, Desa Banjarsari, Kecamatan Ciawi yang hancur diterjang banjir.

CIAWI-RADAR BOGOR, Lima tahun sudah, warga Kampung Blendung Rt 05/03, Desa Banjarsari, Kecamatan Ciawi menantikan bantuan terkait dengan pembenahaan akses jalur. Berupa jembatan penghubung yang hancur diakibatkan longsor.

Hingga saat ini, kondisi jembatan yang merupakan akses jalan warga itu dalam kondisi memprihatinkan.

Ketua RT 05/03, Juju mengatakan, kejadian longsor sudah terjadi empat kali. Sehingga, jembatan di wilayah tersebut sempat terputus dan hancur karena longsor. “Setiap hujan pasti longsor. Setiap longsor, ya, akses jalan kami memprihatinkan seperti ini,“ kata dia.

Dirinya menjelaskan, Pemdes diharapkan bisa membuatkan akses baru bagi warga. Permohonan perihal bantuan juga telah diajukan warga. Akan tetapi, permohonan tersebut hingga detik ini belum juga di respon. “Mungkin dikarenakan dananya gak ada,” ujarnya.

Juju menerangkan, bahwa jembatan tersebut merupakan akses warga terdekat. Dibandingkan dengan harus melintasi RT04 melalui tempat pemakaman umum (TPU). Kata dia, jarak untuk memutar arah tersebut diperkirakan hingga 10 kilometer. “Kalau gak ada jembatan dan jalan ini, lumayan muternya lewat TPU, jauh,” jelasnya.

Sementara ini, warga telah melakukan perbaikan jembatan secara swadaya. “Kita benerin sendiri. Tapi tetap saja takut melintas. Karena takut longsor dari atas,“ imbuhnya. (rp1/c)

Baca Juga