Beranda Bogor Raya

Hindari Kemacetan, Warga Gunakan Jalan Lingkar Dramaga yang Belum Diresmikan

Tak ingin terjebak macet, beberapa pengendara terpaksa menggunakan jalan Lingkar Dramaga yang belum diresmikan pemerintah.

DRAMAGA-RADAR BOGOR, Guna mengatasi kemacetan yang setiap hari terjadi di Jalan Raya Laladon hingga Dramaga, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menggeber pembangunan proyek Jalan Lingkar Dramaga (JLD).

Meskipun belum diresmikan, jalan sepanjang 3,7 kilometer itu sudah digunakan warga sekitar. Apalagi, pada tahun anggaran 2019, jalur tersebut masih harus dipermak lantaran ada pekerjaan lanjutan.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan dan Jembatan wilayah Ciomas, Asep Suryana, menuturkan, proyek JLD untuk 2018 sudah selesai, yakni pekerjaan dari Terminal Laladon hingga Hotel Duta Berlian. Sedangkan tahun ini diprogramkan lanjutan untuk konstruksi jalan beton pada seksi I sta. 0+950 sampai sta. 2+100 sepanjang 1.050 meter.

“Karena yang sudah ada itu baru dasarnya. JLD secara program tahun lalu sudah 100 persen. Nah, untuk 2019 diprogramkan lanjutan konstruksi jalan betonnya pada seksi I itu,” katanya.

Asep menyebutkan, pekerjaan tahun ini untuk melanjutkan dasar konstruksi tahun lalu. Sampai saat ini, ia belum mengetahui berapa anggaran yang dialokasikan untuk kelanjutan konstruksi tersebut. “Ya melanjutkan. Yang posisi tengah di seksi I, kurang lebih 1 kilometer. Anggarannya belum ada info dari dinas berapanya,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor, Yani Hassan sebelumnya mengatakan, rencana induk untuk JLD tak hanya sampai Hotel Duta Berlian, tapi sampai melewati Kampus IPB.

Hanya saja prosesnya tak secepat yang diperkirakan. Hal itu sudah disampaikan Pemkab Bogor kepada Kampus IPB Dramaga saat pertemuan beberapa waktu lalu.

“Detail Engineering Design (DED) itu tidak cepat prosesnya. Baru awal perencanaan, inventarisasi, identifikasi awal perencanaanlah. Panjangnya? Belum tahu, kan belum ada,” ujarnya.

Ditanya realisasi, Yani berkilah pihaknya harus melalui beberapa tahapan dulu, seperti perencanaan hingga pembebasan lahan yang akan digunakan. Ia juga menampik itu masih sebatas wacana, ka­rena sudah dimulai.

“Bukan (sampai Duta Berlian) doang, nanti terus ke arah IPB. Sama seperti Lingkar Galuga, rencananya lewat terminal, ke arah barat lagi terus,” katanya.(ryn/c/yok/py)

Baca Juga