25 radar bogor

Gempa Bumi Tektonik Guncang Kabupaten Bandung, Akibat Aktivitas Sesar Garsela

Ilustrasi gempa bumi
Ilustrasi gempa bumi
Gempa Megathrust Mentawai
Ilustrasi Gempa

BANDUNG-RADAR BOGOR, Wilayah Kabuaten Bandung diguncang gempabumi tektonik, Senain (11/2/2019) sekitar pukul 13.08.50 WIB. .

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M 4,1. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,27 LS dan 107,71 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 17 Km Tenggara Kabupaten Bandung, pada kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter gempa tersebut, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Garsela (Garut Selatan) di sekitar wilayah tersebut.

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Bojongsoang dan Banjaran Kabupaten Bandung. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 13:35 WIB, Hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempabumi susulan.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” imbau BMKG dalam keterangan tertulisnya. (ysp)