25 radar bogor

Gempa Bumi Guncang Tasikmalaya, BMKG: Masyarakat Diminta Tetap Tenang

Ilustrasi gempa
Ilustrasi gempa bumi

BANDUNG-RADAR BOGOR, Setelah sebelumnya wilayah Kabuaten Bandung diguncang gempabumi tektonik, Senin (11/2/2019) malam sekitar pukul 22:13 Wib, gilirang Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, diguncang gempa.

Dari hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi terjadi dengan kekuatan M=4.0 dengan koordinat episenter 8.15 LS dan 107.88 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 62 km Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya, pada kedalaman 27 km.

Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempabumi dirasakan di daerah Pangandaran dengan skala intensitas III MMI.

Namun, hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan. Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat proses subduksi di wilayah Selatan Jawa.

Meskipun dangkal dan terjadi di laut, gempabumi ini tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut.

“Hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempabumi susulan. Untuk itu kepada masyarakat diimbau tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi dari BMKG,” demikian imbauan tertulis BMKG yang diterima radarbogor.id, Senin (11/2/2019) malam.(pin)