Beranda Ekonomi

Launching UPQ Residence 1, Siapkan 160 Unit Hunian

Pembangunan UPQ Residence 1
Peletakkan batu pertama pembangunan UPQ Residence 1.

BOGOR–RADAR BOGOR, Unit Pengadaan Alquran (UPQ) resmi meluncurkan UPQ Residence 1 yang berlokasi di Jalan Kampung Curug Dengdeng Rt 004/006 Lemah Duhur Caringin, Sabtu (2/2) lalu. Sebanyak 160 unit rumah akan memulai pembangunannya pada akhir Februari ini.

Peluncuran UPQ Residence pun ditandai dengan peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI, Prof Muhammadiyah Amin, Pimpinan Proyek Muhammad Dani, Direktur PT Inti Prima Anugrah Budi Hartawan, Relationship RM Dana BRI Dewi Sartika, Putra Anintyo yang juga disaksikan masyarakat serta Muspika Caringin.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI, Prof Muhammadiyah Amin mengatakan, kehadiran UPQ Residence 1 merupakan bentuk kepedulian terhadap para karyawan UPQ yang tidak sedikit diantaranya belum memiliki tempat tinggal tetap.

Foto bersama para pejabat yang hadir dalam peletakkan batu pertama pembangunan UPQ Residence 1.

“Pegawai UPQ kan masih muda-muda. Baik PNS, honorer hingga tenaga kontrak, jumlahnya lebih dari 120 orang. Kami berpikir bahwa masa depan mereka perlu persiapan, salah satunya rumah sebagai tempat tinggal mereka,” katanya.

Karenanya, kata Amin, pihaknya berpikir kenapa tidak untuk menyiapkan tempat tinggal bagi para pegawai UPQ dengan cicilan yang ringan. Meskipun kecil, namun milik sendiri. Sekaligus menjadi kenangan menjadi pegawai UPQ.

“Kalau pun nanti bisa diperluas tidak menutup kemungkinan menerima dari pegawai diluar UPQ,” kata Amin.

Sementara itu, Direktur PT Inti Prima Anugrah, Budi Hartawan menerangkan, proses pembangunan akan dimulai di akhir Februari mendatang. Ditargetkan pada akhir Desember 160 unit rumah tipe 36/70 juga 29/60 sudah siap huni.

“Total luas lahan 3 hektar. Nantinya akan dilengkapi denganm fasilitas masjid, taman bermain hingga sarana olahraga,” tuturnya.

Di kesempatan yang sama, Pimpinan Proyek Muhammad Dani menuturkan, setelah UPQ Residence 1, nantinya akan ada UPQ Residence 2 yang berjumlah 350 unit. “Malah tahap pertama ini nantinya akan dibangun juga gedung produksi Alquran,” katanya.

Dani menambahkan, kehadiran UPQ Residence 1 ini dimanfaatkan oleh seluruh pegawai UPQ yang belum memiliki tempat tinggal. “Teman-teman memanfaatkan kesempatan ini, apalagi kan pakai subsidi juga. Berharap direspon dengan baik karena kami telah mengakomodir kebutuhan mereka,” tuturnya.

Sedangkan, Relationship RM Dana BRI Dewi Sartika, Putra Anintyo mengungkap bentuk dukungan dengan berbagai kemudahan bagi pegawai UPQ yang akan memiliki rumah di UPQ Residence 1.

“Kerjasama telah terjalin lama dengan UPQ, karenanya semua pegawai diberikan kemudahan lebih oleh BRI. Mulai dari cicilan maupun angsurannya yang disesuaikan dengan rata-rata gaji pegawai, jangka waktunya pun beragam, 15 – 20 tahun secara garis besar,” tandasnya. (wil/c)

Baca Juga