Beranda Bogor Raya

Rawan Longsor, Relokasi Kampung Leuwi Sapi Caringin Tunggu Kepastian Lahan

Relokasi Kampung Leuwi Sapi Caringin
Suasana Kampung Leuwi Sapi Rt 7/5, Desa Lemah Duhur, Kecamatan Caringin yang rawan longsor.

CARINGIN-RADAR BOGOR, Rencana relokasi warga Kampung Leuwi Sapi Rt 7/5, Desa Lemah Duhur, Kecamatan Caringin hingga saat ini belum mendapatkan titik temu. Utamanya terkait lahan relokasi yang akan ditempatkan warga.

Kepala Desa Lemah Duhur, Ujang Najmudin mengatakan, pihaknya telah mendorong rencana relokasi tersebut hingga ke tingkat Kecamatan Caringing.

Kata dia, saat ini telah tersedia tiga lokasi yang dimungkinkan untuk melakukan relokasi warga yang berada di kampung rawan longsor tersebut. Namun, masih terdapat kendala yang harus diselesaikan, terkait pengadaan lahan relokasi tersebut.

“Nanti kita buat proposoal pengajuan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor untuk relokasi. Ada tiga lahan seluas 7000 meter persegi. Nanti BPBD yang akan check lahannya,” jelasnya.

Ketika direlokasi nantinya, kata Ujang, tiap-tiap KK akan menempati lahan seluas 100 meter persegi. Kemudian, untuk pengadaan bangunan rumah nantinya akan dibangun dengan konsep Rumah Tahan Gempa (RTG). “Kita sudah melakukan pengajuan sejak 2013. Dan mungkin bisa terealisasi di tahun ini. Anggarannya juga dimungkinkan turun tahun ini,” ungkapnya.

Drinya menerangkan, pihaknya hingga saat ini hanya berperan sebagai pemberi masukan. Dan untuk pelaksanaan appressial lahan akan dilakuan langsung dari Pemkab Bogor. “Rencana relokasi itu nanti sekaligus dibuat perkampungan baru bagi warga,“ pungkasnya. (rp1/c)

Baca Juga