25 radar bogor

Usai Kebakaran, Pertamina Pastikan Kilang Balongan Beroperasi Normal

JAKARTA-RADAR BOGOR, PT Pertamina (Persero) memastikan kilang Pertamina Refinery Unit (RU) VI Balongan di Balongan, Indramayu, berada dalam kondisi aman dan sudah beroperasi normal.

Unit Manager Communication, Relation & CSR Pertamina RU VI Eko Kristiawan mengatakan insiden kebakaran terjadi bukan di area kilang. Melainkan di dalam area Pertamina EP sekitar Pusat Pengumpul Produksi (Main Gathering Station Asset 3).

“Terkait dengan hal tersebut, dapat saya sampaikan bahwa Kilang Pertamina RU VI Balongan beroperasi normal tanpa ada gangguan. Tidak ada kejadian atau insiden di fasilitas kilang seperti yang beredar di luar, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (4/2).

Selain itu, lanjut Eko, pihaknya juga telah menurunkan Tim Health, Safety, Security & Environment (HSSE) RU VI Balongan yang turut membantu proses pemadaman api dengan menurunkan fire truck. “Mereka berkolaborasi dengan tim Pertamina EP dan Pertamina MOR III, dalam proses pemadaman itu,” ungkapnya.

Telah terjadi kebakaran di area sekitar Pusat Pengumpul Produksi (Main Gathering Station Asset 3) di Balongan, Kabupaten Indramayu, Senin (4/2). Kebakaran diketahui mulai dari pukul 09.40 WIB dan berhasil dipadamkan pada pukul 10.15 WIB di dalam area Oil and Gas Transportation (OGT) Balongan.

PT Pertamina EP sudah berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Kodim, Koramil, Polres, dan Polsek untuk pengkondisian lokasi. Saat ini lokasi sudah kondusif dan masyarakat dihimbau untuk tidak mendekati lokasi sesuai dengan aspek HSSE serta demi keamanan dan keselamatan masyarakat. Dilaporkan tidak ada korban jiwa dalam insiden yang terjadi.

Saat ini, penyebab kebakaran masih dalam proses investigasi. Pertamina EP bersama pihak terkait terus melaksanakan langkah-langkah yang diperlukan dalam penanganan dan pengkondisian lokasi dengan mengutamakan aspek HSSE di lokasi kejadian.

PT Pertamina EP Asset 3 merupakan salah satu unit area di bawah PT Pertamina EP. Saat ini PT Pertamina EP Asset 3 menghasilkan produksi minyak sebesar 13.132 BOPD dan gas sebesar 255.64 MMSCFD.

Editor : Teguh Jiwa Brata
Reporter : Hana Adi