25 radar bogor

Perisiapan Hadapi UNBK Tahun Ini, Disdik Kabupaten Bogor Siapkan Simulasi

Ilustrasi UNBK

CIBINONG – RADAR BOGOR, Mematangkan persiapan Ujian Nasional Berbasi Komputer (UNBK) tahun ini, simulasi tahap dua di jenjang SMP akan dilaksanakan. Dijadwalkan pelaksanaannya empat hari yakni pada 4,6,7 dan 8 Februari.

“Simulasi tahap dua dilaksanakan seluruh penyelenggara UNBK, berdasarkan data terdapat 1.009 SMP/MTs dengan jumlah peserta sebanyak 92.208 siswa,” ungkap Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SMP Disdik Kabupaten Bogor, Yanto Ngugianta, seperti dilansir dari Web Disdik.

Kata Yanto, tahap simulasi UNBK akan dilaksakan selama tiga kali, sebelum pelaksanaan ujian pada 22-25 April nanti.

“Simulasi dilakukan sebagai langkah persiapan sekolah, baik dalam meninjau kelayakan sarpras dan rerata kemampuan akademik siswanya,” tuturnya.

Diakui Yanto, hingga saat ini masih ditemui kendala dalam perangkat pendukung di beberapa sekolah.

“Permasalahan jaringan internet masih menjadi pekerjaan rumah. Dalam hal ini Disdik sudah melakukan koordinasi, bersama tim helpdeks serta sekolah untuk penanganan teknis,” ujarnya.

Kepala SMPN 2 Cisarua, Roja’i menyatakan siap melaksanakan UNBK, meski masih berlangsung tiga sesi. “Untuk koneksi internet memang sangat dipengaruhi cuaca, apalagi Cisarua termasuk dataran tinggi. Tapi perihal ini kami sudah sudah berkomunikasi dengan para teknisi serta pihak pendukung lainya,” akunya . (*/pia)