25 radar bogor

Iremaqin dan IPCR Kota Bogor Gelar Khitanan Massal

Sunatan Massal
Panitia Sunatan Massal dari Ikatan Remaja Masjid Al-Muttaqin (IREMAQIN) Cemplang Cilendek Barat Kota Bogor, dan Ikatan Pemuda Cilendek Raya (IPCR) Kota Bogor,foto bersama

BOGOR-RADAR BOGOR, Ikatan Remaja Masjid Al-Muttaqin (IREMAQIN) Cemplang Cilendek Barat Kota Bogor, dan Ikatan Pemuda Cilendek Raya (IPCR) Kota Bogor, menggelar acara Khitanan Massal.

Acara tersebut berlangsung sejak pukul 08.00 s.d 11.00 WIB di Masjid Al-Muttaqin, Cemplang Baru, Kelurahan Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Sabtu (26/1/2019).

Antusiasme terlihat dari wajah-wajah para peserta Khitanan Massal, kesepuhan dan para alim ulama setempat, RT, RW serta kalangan masyarakat yang turut mendukung terlaksananya acara tersebut. Menurut mereka kegiatan seperti ini perlu ditingkatkan guna memberikan manfaat sosial dan kepeduliaan kepada lingkungan sekitar.

Menurut paparan Harun Junaedi (Kang Cebu) selaku selaku Komandan Satgas IPCR Kota Bogor, acara tersebut berlangsung dengan sangat kondusif, selain dengan banyaknya peran serta dukungan dari masyarakat serta bantuan dari para pemuda sekitar yang ikut membantu kelancaran acara Khitanan Massal tersebut.

“Kegiatan ini bermaksud untuk meningkatkan peran kepemudaan dalam kegiatan sosial dan keagamaan serta memelihara rasa persaudaraan. Selain daripada hal tersebut kegiatan ini juga bertujuan untuk mengkhitankan secara massal pada anak-anak dari keluarga yatim/tidak mampu yang akan memasuki usia baligh, membangkitkan semangat persaudaraan (Ukhuwah Islamiyah) antar sesama umat Islam, Melaksanakan perintah dengan berkhitan serta menumbuhkan rasa empati dan kepeduliaan terhadap sesama,” ujar Muhammad Dinar Pratama Ilham Wolayan selaku Ketua Panitia Khitanan Massal.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina IPCR Kota Bogor, Brian Angga Prawira, berpendapat bahwa kegiatan Khitanan Massal ini sejalan dengan Slogan IPCR Kota Bogor : “Mandiri, Berbagi, Berkarya” yaitu agar menjadi pelopor organisasi kepemudaan yang mandiri, mau berbagi dan mampu berkarya bagi lingkungan dan masyarakat.

Selain itu kegiatan Khitanan Massal ini juga sebagai salah satu bentuk implementasi dari Visi dan Misi IPCR Kota Bogor terutama berkenaan dengan peningkatkan peran serta kepemudaan di dalam masyarakat, melalui pembinaan kualitas sumber daya manusia dan pengembangan potensi pribadi sehingga bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat, peningkatkan kegiatan kerohanian dalam rangka mewujudkan karakter pemuda yang santun dan religius serta mempererat hubungan antara para anggota masyarakat melalui peningkatan kegiatan sosial kemasyarakatan dalam rangka menumbuhkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan didalam masyarakat.

Sekjen IPCR Kota Bogor Rifki Jalaludin, menambahkan, dengan berlangsungnya kegiatan khitanan massal ini kepemudaan diharapkan mampu memberikan kontribusi yang nyata kepada masyarakat, melalui kegiatan-kegiatan positif yang mampu meningkatkan peran serta pemuda dalam kegiatan-kegiatan sosial dalam bermasyarakat.

“Dengan melihat kesuksesan acara Khitanan Massal ini sebagai salah satu program dan kegiatan IPCR Kota Bogor kedepannya kami juga akan menyelenggarakan acara Santunan Anak Yatim, Janda dan Dhuafa serta berbagai kegiatan lain yang masuk dalam program dan kegiatan dari IPCR Kota Bogor”, ungkap Toga Marsauli selaku Ketua Umum IPCR Kota Bogor.

“Kami berharap mendapatkan doa dan dukungannya kepada semua pihak yang selalu terus membantu untuk terlaksananya kegiatan-kegiatan yang akan dan telah dilaksanakan oleh IPCR Kota Bogor,” tambah Bayu Triana Nurhuda selaku Kepala Departemen Politik dan Kebijakan Publik IPCR Kota Bogor. (*/ysp)