25 radar bogor

Konsen Pendidikan Anak Usia Dini, Pemdes Citeko Bangun Fasilitas PAUD

Pemdes Citeko PAUD
Pemdes CIteko membangun Fasilitas PAUD.
Pemdes Citeko PAUD
Pemdes CIteko membangun Fasilitas PAUD.

CISARUA-RADAR BOGOR, Untuk menunjang fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pemerintah Desa (Pemdes) Citeko, Kecamatan Cisarua membangun dua unit lokal yang akan difungsikan sebagai ruang kelas PAUD Nuru Syifa dan Anisa. Adapun anggaran pembangunan dari kedua PAUD tersebut bersumber dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2018.

Kepala Desa Citeko, Sahrudin mengatakan, pembangunan tersebut dilakukan menggunakan DD tahap tiga sebesar Rp210 juta. Kedua bangunan tersebut berdiri di atas lahan warga yang sudah menjalani kesepakatan dan dapat digunakan bagi kepentingan umum.

“Kedua PAUD ini sudah ada empat tahun, tapi tidak memiliki ruang kelas. Nah bangunan tersebut, nantinya akan difungsikan PAUD, “kata dia kepada Radar Bogor. Kemarin (22/1).

Ia menjelaskan, kedua lokal yang sedang dibangun memiliki luas berbeda. Dan daya tampung dari kedua bagunan tersebut memiliki kapasitas hingga 40 anak didik. “Luas bangunan PAUD Nuru Syifa 8×7 meter. Sedangkan kalau PAUD Anisa luasnya 8×6 meter,” terangnya.

Sahrudin mengatakan, saat ini proses pembangunan keduanya sudah 40 persen. Pengerjaannya bisa dikatakan cukup cepat jika ditinjau dari peletakan batu pertama pada 17 Januari 2019. “Kita terus pantau, sudah beberapa hari dikerjakan, masa pengerjaan itu 40 hari kerja, “tuturnya.

Ia menambahkan, keberadaan kedua PAUD di Desa Citeko ini, agar masyarakat lebih memperhatikan pendidikan usia dini. Selain itu, lanjut dia, struktur pendidikan untuk anak juga lebih teratur.

“Jadi anak tidak langsung masuk SD, karena kalau tidak melalui PAUD nanti anak bisa kaget belajarnnya. Tidak serta merta langsung loncat gitu. Harus PAUD dulu, biayanya juga terjangkau dibandingkan TK,” pungkasnya. (rp1/c)