25 radar bogor

Diguyur Hujan Deras Sepanjang Hari, Dua Rumah Tertimpa Longsor di Cibadak

material longsor timpa rumah di bogor
Longsor menimpa rumah di Kelurahan Cibadak
material longsor timpa rumah di bogor
Longsor menimpa rumah di Kelurahan Cibadak

BOGOR-RADAR BOGOR,Hujan deras yang melanda Kota Bogor seharian penuh menyebabkan longsor di RT 03/01 Kelurahan Cibadak, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor,  Selasa (22/1/2019). Peristiwa itu menyebabkan rumah milik Ika Purwanti (46) dan Sudin rusak tetimpa longsoran tanah.

“Rumah Bu Wanti memang berada di tebingan. Sementara di bawahnya ada rumah milik Pak Sudin. Karena hujan yang terus menerus akhirnya tebingan itu longsor dan menimpa rumah yang ada di bawahnya,” ujar Aris Basuki (43), warga Cibadak yang ditemui di lokasi longsor, kemarin.

Agar tidak terjadi longsor susulan, pihak kelurahan Cibadak melakukan sejumlah langkah antisipasi. Di antaranya menutup sementara longsoran tanah dengan terpal plastik. Selain itu, pemilik rumah juga diminta untuk tinggal di tempat yang lebih aman guna menghindari longsor susulan di wilayah tersebut.

“Kita masih tanggap darurat di sekitar lokasi. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dan penghuni kita pindahkan ke tempat yang lebih aman,” beber Lurah Cibadak Uay Sutiawan.

Atas kejadian itu, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati meminta masyarakat tetap waspada. Perilaku tanggap dan sadar akan potensi bencana agar kerugian yang ditimbulkan bisa diminimalisir. Sebab, tidak dipungkiri Indonesia merupakan daerah rawan bencana. (ysp)