25 radar bogor

Baru Dua Hari Pindah, Pelayanan Samsat di Sukaraja Diserbu Warga

Samsat Kabupaten Bogor
Suasana pelayanan di Samsat Kabupaten Bogor.
Samsat Kabupaten Bogor
Suasana pelayanan di Samsat Kabupaten Bogor.

SUKARAJA-RADAR BOGOR, Pelayanan Samsat Kabupaten Bogor resmi pindah lokasi, Senin (21/1).

Baru dua hari pindah, gedung yang berlokasi di tepian jalan Raya Bogor, tepatnya di belakang bangunan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor langsung dipadati warga.

Mayoritas mereka yang datang ke Kantor Samsat ini merupakan mereka yang hendak membayar pajak lima tahunan kendaraan. Pasalnya, untuk pajak tahunan sudah bisa dilakukan secara online melalui aplikasi android. Warga Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor, Ryan Anggra Putra (25), mengaku terpaksa menyempatkan waktu untuk membayar pajak lima tahunan motornya.

“Sudah tahu pindah ke sini. Kalau dari Ciampea lebih dekat. Enaknya online, tapi ngurus pajak lima tahunan belum bisa online katanya. Karena ada pengecekan nomor mesin dan nomor rangka motor,” ucapnya kepada Radar Bogor saat ditemui di lokasi.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengelolaan pendapatan Daerah Wilayah Kabupaten Bogor, Mukti Subagja menjelaskan bahwa kepindahan kantor Samsat ini atas kesepakatan Polres Bogor, Badan Pendapatan (Bapenda) Jawa Barat, dan Jasaraharja.

“Alasannya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Gedung lama jumlah kapasitasnya amat kurang, jadi orang sampai ke luar-luar,” ujarnya.

Mukti mengatakan, selain menambah jumlah petugas kasir, pihaknya juga menyediakan beragam fasilitas yang tidak ada pada bangunan sebelumnya. Fasilitas itu mulai dari ruang konsultasi, ruang baca, arena bermain anak, pojok kopi, ruang laktasi, dan lain-lain.(fik/c)