Beranda Berita Utama

Viral Video Petani Buang Buah Naga, Kementan: Itu Barang Reject

pria pakai topi buang buah naga ke sungai
Petani buah naga membuang hasil panennya.

BANYUWANGI-RADAR BOGOR,Bereder video petani buah naga melakukan protes dengan membuang buah naga ke sungai. Kejadian tersebut diketahui di daerah Banyuwangi.

Terkait hal tersebut, Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian Suwandi menjelaskan, buah naga yang dibuang petani merupakan buah yang kualitasnya tidak bagus. Ia juga mengatakan bahwa buah naga itu sudah tidak bisa dikonsumsi.

“Yang reject itu yang turun, yang (buah naga) cair, harganya jadi murah yang sudah rusak ya nggak bisa dimakan, dibuang,” seperti dikutip dari Detik.com, Selasa (22/1/2019).

Harga buah naga tergantung dengan kualitas buah itu sendiri. Menurutnya, harga buah naga saat ini masih sama yaitu sekitar Rp 16 ribu hingga Rp 25 ribu.

“Itu yang dibuang itu memang sudah reject, kalau yang kualitasnya bagus masih sama ada Rp 16 ribu-Rp 25 ribu tergantung jenis, grade dan kualitas, memang karakteristiknya begitu kan jenis buah ada grade A, B, C,” ujar dia.

Suwandi juga meminta para petani untuk lebih sadar terhadap kualitas buah yang dipanen.

Petani yang melakukan aksi buang buah naga tersebut diketahui beranam Agus dan sudah meminta maaf atas aksinya lewat video. (dtk/ysp)

Baca Juga