25 radar bogor

Viral! Kisah Aisyah Anisa, Mualaf Asal Kolombia yang Jadi Pemulung di Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR,Nasib malang menimpa Aisyah Anisa, wanita asal Kolombia, Amerika Selatan. Bermaskud mengikuti suami ke Indonesia. Namun sayang, suaminya menikah lagi. Kini Aisyah Anisa tinggal di sebuah kontrakan kecil di Kampung Curug Mekar, RT 02/04 Kelurahan Curug Mekar, Kecamatan Bogor Barat.

Secara fisik, kontrakan tempat tinggalnya cukup layak dan jauh dari kesan kumuh. Tak terlihat banyak perkakas dan barang-barang di dalam rumah berukuran sekitar 4 x 5 meter itu.

Radar Bogor mendatangi kediaman wanita 50 tahun itu menjelang siang kemarin, sekitar pukul 12.00. Akses ke rumahnya cukup sempit. Hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. Sayapun berkali-kali harus bertanya kepada warga setempat. Meski banyak yang mengenal-nya, namun jarang orang yang tahu rumahnya. Setelah beberapa menit mencari, akhirnya ketemu.

Orangnya kebetulan sedang berada di rumah. Maklum dia harus terus mengontorol kesehatan putrinya Raisah (20) yang hanya bisa terbaring di kasur karena penyakit leukimia (kanker darah) yang dialaminya. Aisyah Anisa sebenarnya bukan nama aslinya. Nama itu baru dia pakai 20 tahun silam, semenjak dia memutuskan masuk Islam.

Di negara asalnya dan dokumen imigrasi,nama Martha Eugenia Rojas Avila masih menjadi identitasnya. Dia juga masih berstatus warga negara asing (WNA). Kepada wartawan dia pun lebih senang dipanggil Anisa. Nama itu diberikan oleh seseorang yang mengislamkannya saat ia tinggal di Bandung beberapa tahun lalu.

Awalnya, Anisa enggan membuka diri. Dia masih belum terbiasa dengan media. Namun, lama-kelamaan sikapnya mulai mencair. Berkat Nuh, Ketua RT 02/04 Curug Mekar yang mau menyakinkannya. Nuh kebetulan salah satu orang yang dekat dengan Anisa. Tim radarbogor.id memang sudah janjian untuk bertemu dengan Nuh di kontrakan Aisyah.

Hal pertama yang Anisa share adalah tentang kondisi anak semata wayang-nya Raisah. Dara 20 tahun itu lumpuh. Tak bisa berjalan atau sekedar duduk. Sebagian organnya tidak berfungsi dengan baik akibat stroke. Bagian leher bengkak. Sementara kakinya terlihat seperti bekas luka lebam akut.

“Nih lihat,” kata Anisa menunjukan beberapa sisi kaki anaknya kepada wartawan.

Terlihat jelas bekas-bekas luka lebam berwarna merah di kaki kanan dan kiri. Rupanya, bekas luka itu sudah lama ada. Dari balik luka inilah, Anisa mulai terbuka.

“Dua puluh tahun lalu saya berlayar dengan kapal pesiar dari Amerika. Disana, saya bertemu seseorang yang kemudian menikah dengan saya. Saya dibawa ke Indonesia. Saya masuk Islam dan menikah dengannya. Saya tinggal di sebuah daerah yang jauh dari sini,” kata Anisa dengan aksen khasnya

Dari caranya berbicara, Anisa tampak mahir berbahasa Indonesia. Ia paham semua tutur kata yang ditanyakan. Ia pun tak canggung berbicara bahasa Indonesia dengan siapa pun. Hanya saja, lidahnya sebagai orang asing tak bisa disembunyikan. Setiap kata yang diucap masih terasa aksen Inggris versi british.

Dia menjelaskan saat pertama menginjakan kaki di Indonesia semua baik-baik saja. Dia tinggal bersama suaminya di Bandung. Bahagia. Mereka pun dikarunia anak. Yakni : Raisah.

Dia lahir dalam keadaan normal. Cantik: perpaduan Sunda-Kolombia. Meski lebih banyak Kolombia-nya.

Namun, lanjut Anisa petaka itu bermula ketika suaminya memutuskan menikah lagi yang tak lain adalah pembantunya sendiri

.“Itulah yang membuat saya terpukul. Saya kemudian lebih memilih keluar dari rumah.Dan meninggalkan Bandung,” beber dia.

Di masa-masa pelarian ini, Anisa merasakan berbagai nelangsa hidup. Ia pernah mendekam di balik jeruji Lapas Paledang selama tiga bulan. Hingga pernah tinggal dan hidup lima bulan di tempat pemakaman pemakaman umum (TPU) daerah Jakarta. Namun, di masa-masa pengembaraan itu, ia tetap memilih Bogor sebagai tempat singgah dan muara akhir perlindungan.

“Saya makan apa saja. Yang penting halal saat itu,” ucapnya.

Kurang lebih selama setahun dia hidup tak pasti. Pindah-pindah kota. Bogor, Jakarta. Jakarta, Bogor. Menumpang kereta. Hidup di jalan. Akhirnya dia lelah. Dan memutuskan tinggal menetap. Kota Bogor dipilih sebagai rumah keduanya.

Tahun ini merupakan tahun ke-12 dia menetap di Bogor. Wilayah kelurahan Curug Mekar adalah tempat tinggalnya dari dulu hingga sekarang.

Di awal-awal menetap, Anisa mengaku sangat kebingungan. Dia tak mempunyai uang untuk mengontrak rumah. Sampai akhirnya dia memutuskan menjadi pemulung. Tidur masih tidak tentu. Dimana saja yang penting aman. Dari situ sedikit demi sedikit uang bisa dia kumpulkan.

Dia pun ingin mendapat rezeki lebih. Caranya dengan memiliki gerobak sampah. Dari gerobak sampah inilah dia bertemu dengan Nuh, Ketua RT 02 RW 04 Kelurahan Curug Mekar. Yang menjual gerobak sampah kepada Anisa.

“Ya saya memulung, saya ambil sampah. Saya berputar dari rumah ke rumah yang lain. Saya ini Islam. Agama saya tidak melarang saya untuk memulung. Tapi agama saya melarang saya untuk menjadi pengemis dan peminta-minta. Lebih baik saya jadi pemulung dari pada harus meminta dan mengemis kepada orang lain,” bebernya.