25 radar bogor

Cuaca Ekstrim, Makassar Dikepung Banjir Bandang. Lihat Videonya!

Salah satu wilayah di Makassar yang diterjang banding bandang, Selasa (22/1/2019).
Salah satu wilayah di Makassar yang diterjang banding bandang, Selasa (22/1/2019).

MAKASSAR-RADAR BOGOR, Cuaca ekstrem yang terjadi di Sulawesi selatan (Sulsel), khususnya Makassar dalam dua hari terakhir membuat sejumlah wilayah mengalami banjir, Selasa (22/1/2019).

Bahkan jalan protokol seperti Jalan AP Pettarani tampak seperti lautan, karena air menutupi jalan. Akibat banjir, jalan Pettarani mengalami kemacetan panjang karena pengendara memilih melambatkan kecepatan kendaraannya.

Tak hanya Jalan AP Pettarani, sejumlah wilayah yang menjadi langganan banjir saat hujan turun seperti Kompleks Perumahan Departemen Agama (Depag) di Paccerakkang, Kecamatan Biringkanaya, pun terendam banjir.

Banjir yang merendam kompleks perumahan tersebut telah mencapai hingga 30 cm. Selain itu, banjir juga telah masuk ke beberapa rumah warga.

“Iya ini sudah sampai lutut, sejak semalam air sudah masuk ke rumah,” kata salah satu warga perumahan, Yani, Selasa (22/1/2019).

Bahkan polisi dari Polsek Biringkanaya turun ke Jalan Poros Paccerakang untuk memberikan informasi kepada pengguna jalan untuk tidak melintas akibat banjir.

Sementara itu, Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar Daryatno mengungkapkan, telah mengeluarkan peringatan dini mengenai hujan lebat dan angin kencang.

“Saat ini cuaca hujan lebat dan angin kencang masih berpotensi terjadi hari ini sepanjang hari. Data menunjukan angin 280 barat/32 knot,” kata Daryatno.

Menurutnya, curah hujan tinggi di wilayah Sulsel diakibatkan adanya daerah tekanan rendah si sekitar laut Flores dan daerah konvergensi di wilayah Selat Makassar.

BMKG menyebut curah hujan tinggi dan angin kencang akan tetap terjadi dalam beberapa hari ke depan. (pojoksulsel/ysp)

https://www.youtube.com/watch?v=AC9nbs3aatc&feature=youtu.be