25 radar bogor

Bangunan Direvitalisasi, 400 Pedagang Pasar Cisarua Direlokasi Sementara

Revitalisasi Pasar Cisarua
Suasana aktivitas di Pasar Cisarua.

CISARUA-RADAR BOGOR, Melalui suntikan dana Provinsi Jawa Barat, Perusahaan Daerah (PD) Pasar Tohaga, Kabupaten Bogor akan merevitalisasi bangunan Pasar Cisarua untuk mengoptimalisasikan lokasi pasar.

Terkait dengan revitalisasi tersebut, ratusan pedagang Pasar Cisarua, Kabupaten Bogor khususnya yang berada di blok C dan D, akan direlokasi sementara.

Kepala PD Pasar Tohaga Unit Cisarua, Mira membenarkan bahwa pihaknya segera merelokasi para pedagang, khususnya pada area komoditi basah dan kering. Lanjut dia, adapun lokasi relokasi masih berada di dalam Pasar Cisarua.

“Relokasi di belakang Kantor PD Pasar Tohaga Unit Cisarua. Di situ masih ada lahan yang bisa difungsikan, selama revitalisasi dilakukan. Kurang lebih ada 400 pedagang yang akan direlokasi,”terangnya. Senin (21/1) kemarin.

Dirinya mengatakan, ada dua tahapan proses revitalisasi bangunan pasar. Untuk tahap pertama, revitalisasi akan dilakukan pada pertengahan tahun, sekitar awal Juni 2019.

“Anggaran revitalisasi berasal dari Banprov kurang lebih senilai Rp10 miliar. Tapi untuk tahap dua masih belum diketahui anggarannya berapa. Prosesnya juga akan dilakukan awal tahun 2020, “tuturnya.

Mira mengatakan, bahwa proses revitalisasi sebetulnya sudah direncanakan sejak tahun 2016. Akan tetapi, proses tersebut selalu terkendala.

Ia memastikan, proses revitalisasi yang dilakukan kali ini tidak akan terkendala. Pasalnya, pihak provinsi juga telah melakukan kajian terhadap bangunan yang akan direvitalisasi. “Untuk Blok C dan D sudah ditinjau tim appressial dari Provinsi. Sedangkan untuk Blok A dan B menyusul, “tuturnya.

Lebih lanjut, Mira mengatakan, revitalisasi yang dilakukan bertujuan untuk menata keberadaan pasar sesuai dengan zonazi komoditi pedagang. Dengan begitu, kata dia, kondisi pasar akan terlihat lebih rapih.

“Nanti ketika sudah direvitalisasi, pasar akan lebih tertata sesuai dengan zona komoditi pedagang masing-masing,”pungkasnya (rp1/c)