25 radar bogor

20 Bangunan Ruko Rata Depan Pasar Leuwiliang Dibongkar Tim Gabungan Korem

Pembongkaran Bangunan Ruko
Pembongkaran bangunan di depan Pasar Leuwiliang oleh tim gabungan Korem 061/Suryakancana, Senin (21/1/2019).

LEUWILIANG – RADAR BOGOR, Sebanyak 20 bangunan yang berada di depan Pasar Leuwiliang dibongkar tim gabungan dari Korem 061/Suryakancana, Senin (21/1/2019).

“Kami lakukan pembongkaran secara bertahap. Nantinya pedagang bakal mengisi di tempat penampungan sementara (TPS). Selanjutnya mengisi kembali bangunan baru,”kata Kepala Staf Korem 061/SK, Letkol Kav Eko Saptono kepada Radar Bogor.

Eko juga mengatakan, setelah dibongkar akan ditata kembali jumlah pedagang yang bakal mengisi bangunan baru. Karena, sementara ruko yang dibongkar baru beberapa blok.

“Pembongkaran dilakukan mulai blok A, B, C dan D. Tapi tidak semua, dilihat kebutuhan tokonya. Seperti toko emas karena harus dipindahkan brangkas terlebih dahulu,” lanjut Eko.

Ia menambahkan, semua pedagang sudah memberikan surat pernyataan. Ruko yang pertama dibongkar lokasinya berada dekat jalan umum.

“Kami juga lihat sisi kemanusian dulu. Dan kami hanya mengaku lahan seluas 700 meter. Sisanya sudah diserahterimakan dari kesatuan ke pemerintah daerah,” sebutnya.

Eko pun menghimbau agar pedagang silahkan bekerjasama. Supaya tidak ada oknum yang memanfaatkan dan kita akan memfasilitasinya.

Terpisah, salah satu pemilik ruko Edi menuturkan, hampir semua ruko sepanjang lahan yang dikenal dengan eks banpur sudah rata dengan tanah.

“Pembongkaran berlangsung pukul 12.00 WIB. Termasuk punya saya. Total ada 20 toko tapi masih bertahap belum semuanya,” ucapnya. (nal/c)