25 radar bogor

ICDX Perkenalkan Produk Baru, Jual-Beli Komoditi Bisa Pakai Smartphone

Soft launch ICDX (Romys Binekasri/JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (Indonesia Commodity and Derivatives Exchange/ICDX) memperkenalkan aplikasi jual-beli komoditi yang dapat dilakukan dengan mudah dan nyaman melalui berbagai platform seperti smartphone dan desktop. Kontrak produk baru tersebut bertajuk GOFX (Gold, oil, dan Forex).

CEO ICDX Lamon Rutten menyampaikan, hal tersebut merupakan terobosan baru dalam industri perdagangan berjangka komoditi di tengah volatilitas harga akibat sentimen yang ada saat ini.

“Trader keuntungan dari volatilitas harga, lingkungan perdagangan yang fair dan aman juga merupakan hal yang penting yang bisa didapatkan,” ujarnya seperti diberitakan, Minggu (20/1).

Transaksi ini dibawah pengawasan oleh pemerintah Indonesia melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjanka Komoditas (Bappebti) dan dilakukan secara transparan di dalam bursa. Sementara pelaku pasar didukung oleh market maker bertaraf internasional sehingga penggunanya mendapatkan akses langsung ke pasar global interbank market.

Oleh karena itu, setiap pengguna dapat melakukan penawaran jual beli tanpa ada campur tangan pihak lainnya dalam penentuan harga.

Presiden Direktur Indonesia Clearing House (ICH) Nursalam mengatakan, dengan akses langsung ke pasar global interbank market, pasar GOFX akan menciptakan likuiditas tinggi dengan penawaran harga jual dan beli yang beragam dan kompetitif.

“Produk ini 100 persen ditransaksikan di bursa dan uangnya dipegang oleh lembaga kliring, sehingga dampaknya tidak akan pernah terjadi kegagalan pembayaran,” tegasnya.

Sementara, Direktur ICDX Megain Widjaja mengatakan, pasar perdagangan GOFX dibuka hampir 24 jam sehari, sehingga pergerakan harga yang bisa terjadi kapan saja dapat diantisipasi penggunanya.

Sementara, potensi nilai transaksi ditaksir minimal bisa USD 200 juta per hari atau 20 persen dari rata-rata di luar bursa USD1 miliar per hari dengan potensi meningkat ketika fluktuasi semakin tinggi.

“Itu besar sekali untuk zaman volatilitas ini, potensi luar biasa kalau di luar bursa bisa USD 1 miliar per hari, masa 20 persen sampai dengan 40 persen tidak bisa,” katanya.

Megain mengaku yakin dengan pasar yang ada dan sedang digarap bersama dengan broker yang udah siap untuk bisa dicapai kesepakatan bersama.

“Ini semua penyelesaian secara tunai pakai indeks, pakai harga dunia jadi tidak macam-macam dengan minimal USD 10.000 per lot di kita, diluar USD 1 juta per lot pemula transaksi,” pungkasnya.

Editor : Saugi Riyandi
Reporter : Romys Binekasri