25 radar bogor

Mengejutkan! Edy Rahmayadi Mundur dari Ketua Umum PSSI, Ini Alasannya

Ketua Umum PSSI
Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi mundur dari jabatannya.

BALI-RADAR BOGOR, Setelah sempat beredar surat mosi tidak percaya terhadap kepemimpinannya, secara mengejutkan Edy Rahmayadi memutuskan mundur dari jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI.

Kepastian Edy Rahmayadi mundur sebagai ketua umum PSSI diumumkan langsung saat memberikan sambutan pada pembukaan Kongres PSSI di Hotel Sofitel Bali, Minggu (20/1/2019).

“Pada kesempatan ini saya menyatakan mundur dari ketua PSSI, dengan syarat besarkan PSSI. Saya serahkan bendera ini. Saya berhenti dengan sah detik ini,” ujar mantan Pangkostrad tersebut.

“Saya serahkan kepemimpinan ini, akan dilanjutkan. Saya tidak mau ada yang mengkhianati keputusan saya ini,” ujar Edy dalam pidatonya di Kongres PSSI.

Edy memaparkan langkahnya itu diambil karena dia tak haus akan kekuasaan. Pria yang juga menjabat sebagai Gubernur Sumatera Utara ini mengaku mundur demi PSSI yang lebih baik.

“Jangan kalian berpikir bahwa Edy Ramhayadi mentang-mentang. Tidak. Saya ada di sini karena cinta sama PSSI. Hanya orang-orang pengkhianat sama PSSI ini yang mau berbicara tanpa dasar PSSI,” ujar Edy.

“Demi PSSI berjalan dan maju, makanya saya nyatakan hari ini saya mundur dari Ketua Umum PSSI. Dengan syarat jangan khianati PSSI. Jangan karena satu hal yang lain kita bercokol merusak rumah besar kita, warisan leluhur kita,” tambahnya.

Menurutnya, keputusannya itu telah dipertimbangkan dengan masak-masak. Edy Rahmayadi menegaskan, keputusan mundur dari PSSI bukan lantaran lari dari tanggung jawab.

“Ini semua saya lakukan dalam kondisi sehat wal afiat. Bertanggungjawablah kalian. Saya mundur bukan tidak bertanggungjawab, tapi karena saya bertanggungjawab,” katanya.

Usai menyatakan mundur, Edy berpesan kepada para peserta kongres untuk membesarkan PSSI. “Besarkan PSSI kita ini,” pesannya.

Masa jabatan Edy Rahmayadi sebagai ketua umum PSSI sebenarnya baru akan berakhir pada tahun 2020. Tongkat estafet ketua umum PSSI diserahkan wakil PSSI Joko Driyono.

Edy Rahmayadi terpilih sebagai ketua umum PSSI pada tahun 2016. Dia mengganti La Nyalla Mahmud Mattalitti.

Tekanan untuk Edy Rahmayadi mundur terus berhembus sejak dirinya terpilih menjadi Gubernur Sumut. (ysp)