25 radar bogor

SBY Tak Hadir di Debat Capres, Ruhut Bilang Begini

Mantan Politikus Demokrat Ruhut Sitompul dahulu dikenal sebagai pembela SBY, bahkan dirinya pernah mengaku sebagai anjing Penjaga dari ayah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu. (Jpnn/JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Ketidakhadiran Ketua Umum Parti Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di debat capres perdana, menuai sejumlah komentar. Salah satunya dari Ruhut Sitompul yang merupakan mantan anak buahnya.

Tak seperti Ketua Umum Parpol lainya, SBY memilih tak hadir saat jagonya Prabowo-Sandi ‘bertarung’ melawan Jokowi-Maruf di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1) malam.

Ruhut menilai wajar jika SBY tidak hadir dalam acara debat perdana yang diselenggarakan KPU. Menurut politikus yang pernah mengklaim sebagai anjing penjaga SBY itu, alasan presiden kelima RI itu tak hadir lantaran sejak lama sudah setengah hati mendukung Prabowo-Sandi.

“Tegas saya katakan, (SBY) setengah hati,” kata Ruhut di Hotel Bidakara.

Meski begitu, kata Ruhut, SBY di Pilpres 2019 ini tidak bermain dua kaki. Dia menegaskan, hati SBY hanya setengah untuk mendukung Prabowo – Sandi.

Ruhut yang kini masuk dalam barisan pendukung Jokowi – Ma’ruf Amin, menyebut dirinya telah lama mengenal kepribadian SBY. Menurutnya, gesture dan mimik orang yang pernah dikenalnya lama itu sulit dibantah.

SBY, lanjut Ruhut, tengah kecewa apalagi peristiwa yang sempat viral Prabowo meninggalkannya saat bertemu pria asing sebelum pidato kebangsaan di JCC, Senayan, Jakarta.

“Karena itu, gesture, mimik itu tidak bisa dibohongi. Untuk itu saya ingatkan adik- adik saya, kalian cari pembenaran jangan kebangetan. Kasihan Pak SBY,” tandas Ruhut.

Editor : Dimas Ryandi
Reporter : jpg