25 radar bogor

Fenomena Supermoon, Warga yang Tingal di Daerah Ini Diminta Waspada

fenomena supermoon, warga yang tinggal di tepian pantai diminta waspada.
fenomena supermoon, warga yang tinggal di tepian pantai diminta waspada.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Fenomena supermoon akan segera terjadi dan dapat dirasakan dampaknya di beberapa wilayah Indonesia. Adanya supermoon nanti diketahui akan disertai dengan bulan purnama.

Kabag Humas BMKG Ahmad Taufan Maulana menjelaskan kondisi tersebut membuat adanya kemungkinan cuaca menjadi terpengaruh. Misalnya dapat mempengaruhi kondisi pasang maksimum air laut di Indonesia.

“Masyarakat pesisir pantai diimbau waspada adanya fenomena pasang maksimum air laut pada 19-22 Januari 2019 di beberapa wilayah,” ungkapnya dalam keterangannya, Sabtu (19/1).

Adapun wilayah yang diketahui terdampak pasang maksimum air laut yaitu, Pesisir utara Jakarta, Pesisir utara Jawa Tengah, Pesisir utara Jawa Timur, Pesisir Cilacap, Pesisir Tanjung Benoa, Bali, Pesisir Kalimantan Barat dan Pesisir Makassar.

Taufan pun menyatakan pasang maksimum ini dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat serta kegiatan bongkar muat di Pelabuhan.

“Kami mengimbau untuk masyarakat pesisir pantai agar selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari fenomena ini,” tandasnya.(JP)