25 radar bogor

Fantastis! Barcelona Habiskan 9 Triliun dalam Semusim Cuma Buat Gaji

Barcelona sukses menjadi juara Copa Del Rey musim 2017-2018 setelah mengalahkan Sevilla 5-0, Minggu (22/4/2018) dini hari.

KATALUNYA-RADAR BOGOR,Memiliki banyak pemain bintang baik itu di starting eleven maupun cadangan membuat Barcelona menjadi salah satu klub terboros dalam urusan gaji, Semusim, mereka harus mengeluarkan dana lebih dari Rp9 triliun.

Dikutip dari laman Marca, dana yang harus dikeluarkan pihak manajemen Barca itu sudah termasuk untuk menggaji para staf termasuk tim pelatih yang dikepalai Ernesto Valverde.

Besaran pengeluaran raksasa Catalonia ini pun mencuat setelah perusahaan akuntansi KPMG mengeluarkan sebuah studi baru berjudul “The Football Benchmark” yang berisi tentang keuangan yang dimiliki oleh delapan tim juara di Eropa.

Dari deretan tim tersebut, Barcelona harus mengeluarkan dana segar sebesar EUR 562 juta atau setara Rp9 triliun, sekaligus menjadikannya sebagai tim dengan pengeluaran gaji paling tinggi setiap tahunnya.

Sementara Paris Saint-Germain nenempati peringkat kedua dengan beban pengeluaran tahunan sebesar EUR 332 juta atau setara Rp5,3 triliun. Alokasi terbesar untuk menggaji Neymar.

Sedangkan diurutan ketiga, raksasa Liga Primer Inggris, Manchester City menjadi klub yang paling besar mengeluarkan dana untuk menggaji skuatnya.

Adapun duo bintang Les Parisiens, Neymar dan Kylian Mbappe menjadi pemain dengan gaji paling tinggi diikuti sang megastar Catalonia, Lionel Messi. (goa/ahm/ps)