25 radar bogor

Terduga Pelaku Arisan Fiktif di Bogor Diringkus, Kerugian Capai Miliaran Rupiah

Ilustrasi

CIBINONG-RADAR BOGOR, Jajaran Polsek Cibinong mengamankan terduga pelaku penipuan berkedok arisan berinisial TS pada Rabu (16/01/2019) lalu.

Polisi sendiri masih mendalami kasus ini, karena TS saat diperiksa, memberi keterangan berbelit-belit. Dikabarkan, kerugian yang dialami para korban TS mencapai Rp5 miliar.

Kapolsek Cibinong, Kompol Prasetyo Purbo Nurcahyo menjelaskan, TS diamankan karena diduga menjadi pengakomodir dana arisan yang diikuti lebih dari 40 orang dan telah beraksi sejak 2014.

“Masih kita dalami dulu. Korbannya banyak. Yang bikin sulit, pengakuan terduga pelaku ini berbelit, belum pasti dananya dipakai buat apa. Dia bilang uangnya di putar ke orang lain. Orang itu yang sedang kita cari,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (18/01/2019).

Pras mengungkapkan, arisan itu merupakan komunitas orang-orang Medan, Sumatera Utara. “Kita belum tahu nih. Apakah itu modus dia saja atau bagaimana. Yang jelas itu komunitas ya, tapi pesertanya memang banyak. Lebih dari 40 orang,” katanya.

Angsuran yang diberlakukan dalam arisan TS pun beragam. Mulai Rp1 juta hingga Rp5 juta. Pras pun membantah kerugian mencapai miliaran, meski kegiatan telah berlangsung lama dengan peserta cukup banyak.

“Itu yang masih didalami. Karena masih sumir antara pidana atau perdaa. Karena sifatnya arisan. Kalau sampai miliaran saya belum bisa memastikan. Karena pengakuan TS ini ada sudah dapat arisan dan yang belum. Jadi kami ingin pastikan yang ikut arisan itu fiktif atau memang benar ada orangnya,” katanya.

Polsek Cibinong memastikan jika semua korban merupakan warga Cibinong. “Saya masih lihat ini perdata atau pidana. Nanti Kanit Reskrim saya akan koordinasi dulu dengan Kasat Reskrim,” pungkasnya.(cek/ps)