25 radar bogor

Cuaca Ekstrim, Gunung Gede Pangrango Ditutup Tiga Bulan

DEMI MENCAPAI PUNCAK: Tiga pendaki melintasi jalur yang sudah disiapkan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

CISARUA -RADAR BOGOR, Para pendaki yang berencana ke Gunung Gede Pangrango, tampaknya harus membatalkan niatnya. Ya, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP) menutup jalur pendakian untuk umum.

Penutupan ini berlaku sejak 1 Januari 2019, dan berlaku hingga tiga bulan kedepan, atau 31 Maret 2019. Informasi penutupan ini diedarkan secara tertulis sejak tanggal 17 Desember 2018.

Dalam surat edarannya, penutupan dilakukan untuk melakukan pemulikan ekosistem, serta mengantisipasi cuaca ekstrem yang terjadi.

“Demikian surat edaran ini, untuk menjadi perhatian bagi seluruh calon pendaki Gunung Gede Pangrango,”  tulis surat edaran tersebut yang tersebar di media sosial.

Untuk diketahui, Gunung Gede termasuk salah satu gunung favorit para pendali. Gunung ini berada di tiga kabupaten, yakni Bogor, Cianjur, dan Sukabumi.

Gunung Gede memiliki ketinggi 1.000 hingga 3.000 meter dpl. Suhu rata-rata di puncak Gunung Gede mencapai 18 derajat celcius, dan  di malam hari suhu puncak berkisar 5°C.

Untuk mencapai gunung ini, calon pendaki bisa melalui beberapa jalur. Pertama dari Cibodas, dan Cipanas Cianjur.(dkw)