25 radar bogor

Sepak Bola Indonesia Marak Pengaturan Skor, Ini Langkah La Liga

La Liga siap membantu upaya Indonesia dalam memberantas pengaturan skor (Bintang Rahmat/JawaPos.com)

JAKARTA – RADAR BOGOR, Kasus pengaturan skor menjadi borok yang kerap muncul di dunia sepak bola. Tidak hanya di Indonesia, kasus tersebut juga terjadi di beberapa negara. Bahkan La Liga hingga saat ini juga disibukkan dengan kasus serupa.

Pengaturan skor di Indonesia sendiri sudah menjadi isu viral. Bahkan kasus ini telah menjadi kasus tingkat nasional. Sebab turut menyeret beberapa anggota PSSI.

Berdasar itu, Ivan Codina selaku Managing Director La Liga untuk Asia turut angkat bicara. Dia mengaku harus ada kerja sama antara La Liga dan PT LIB (Liga Indonesia Baru) untuk mencegah kasus tersebut agar tidak meluas.

“Match fixing menjadi masalah besar. Saya tahu ada masalah di Indonesia. Penting bagi La Liga untuk turut melindungi industri sepak bola dari match fixing,” ucapnya.

Bahkan, Codina mengaku kasus pengaturan skor menjadi prioritas utama La Liga dalam kerja sama dengan PT LIB. Sebab hal tersebut dapat mengganggu jalannya pertandingan yang adil dan jujur.

“Javier Tebas (Presiden La Liga) membuat program untuk memprioritaskan memberantas hal itu (pengaturan skor). Kami harus lindungi fans, pemain, dan partner komersil,” ungkapnya.

Salah satu langkah yang dilakukan oleh La Liga untuk menghadapi masalah itu bekerja sama dengan pihak berwajib. La Liga beranggapan langkah tersebut terbukti ampuh untuk menanggulangi permasalahan pengaturan skor.

“Bekerja sangat dekat dengan polisi. Sampai saat ini kami masih bertarung terutama di level bawah. LIB mencoba untuk mendukung bagaimana menghadapi masalah itu,” pungkasnya.

Editor : Edy Pramana
Reporter : Bintang Rahmat