25 radar bogor

Pelayanan Sehari Disdukcapil Kabupaten Bogor Diserbu Warga Cisarua

Suasana pelayanan satu hari yang digelar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor, Rabu (16/1). Hendi/Radar Bogor
Suasana pelayanan satu hari yang digelar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor, Rabu (16/1). Hendi/Radar Bogor

CISARUA-RADAR BOGOR, Membuktikan kepada masyarakat terkait pembuatan akta lahir dan Kartu Identitas Anak (KIA) dapat dilakukan dalam satu hari (One Day Service). Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor, menggelar pelayanan pembuatan akta lahir maupun KIA disela kegiatan Rebo Keliling (Boling) yang dilaksanakan di Grand Smesco Hills, Desa Leuwimalang, Kecamatan Cisarua, Rabu (16/1/2019).

Kepala Disdukcapil Kabupaten Bogor, Oetje Soebagdja mengungkapkan, pihaknya ingin membuktikan kepada masyarakat. Bahwa, pembuatan akta lahir maupun KIA dapat dilakukan dalam satu hari. Asalkan masyarakat juga membawa kelengkapan sebagai syarat yang dibutuhkan.

Pada pembuatan akta lahir dan KIA kilat, kata dia, Disdukcapil menurunkan sebanyak 20 operator untuk melayani masyarakat. Dalam pelayanannya, diperkirakan ada 500 orang yang hadir.

“Meski pelayanan terlampau banyak, masyarakat tidak perlu khawatir tidak terlayani. Kalau berkasnya menumpuk dan tidak memungkinkan selesai hari ini, nanti kita bawa ke kantor disduk dulu. Nanti diantar lagi ke Cisarua,” katanya.

Sementara itu, warga Desa Leuwimalang,Yusman (34) mengaku senang dengan adanya layanan one day service ini. Dia jadi tidak perlu jauh-jauh ke Cibinong, Kabupaten Bogor untuk mengurus akta lahir.

“Akta lahir penting sekali karena untuk daftar anak sekolah musti pakai akta sekarang. Mudah-mudahan (Disdukcapil, red) sering jemput bola kayak gini. Jangan cuma pas ada Bupati Bogor aja,“ tandasnya. (rp1/c)