25 radar bogor

Jamin Nasabah, Menteri Rini Pasang Badan Soal Gagal Bayar Jiwasraya

Menteri BUMN Rini Soemarno (DOK.JAWAPOS.COM)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Menteri Badan Usaha Miliki Negara (BUMN), Rini Soemarno menegaskan pemerintah telah memiliki solusi untuk menyehatkan kondisi PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Pemerintah berkomitmen mendukung penuh langkah strategis manajemen baru Asuransi Jiwasraya guna menjamin hak-hak para nasabah JS Saving Plan yang gagal bayar.

“Jiwasraya memang keadaannya tidak sebaik yang diharapkan, tapi sekarang juga sedang diharapkan (untuk) memperkuat struktur. Dan pemilik polis Jiwasraya itu jadi tanggung jawab kita, (jadi) kita harus jaga supaya baik,” ujar Rini di Jakarta, Rabu (16/1).

Selain aksi korporasi yang sedang dilakukan manajemen Jiwasraya yang baru, Rini bilang, pemerintah juga sedang menimbang potensi lain yang dimiliki perusahaan dalam rangka upaya penyehatan dan menggejot kinerja.

Kantor Kementerian BUMN Jakarta (DOK.JAWAPOS.COM)

Ia pun telah meminta Deputi Jasa Keuangan, Jasa Survei, dan Jasa Konsultasi Kementerian BUMN untuk mengawal langkah strategis manajemen yang baru untuk menyehatankan kondisi Jiwasraya.

“Kita lihat opportunity apa lagi (agar) bisa expand, untuk bisa kembangkan usaha Jiwasraya supaya resiko perusahaan menurun. Saya yakin pak Gatot bisa menyehatkan kembali,” tutur Rini.

Seperti diketahui, dalam upaya penyehatan Jiwasraya pemerintah bersama manajemen yang baru telah menyusun rencana strategis mulai dari sinergi BUMN hingga pada peningkatan penjualan produk asuransi tradisional dan unitlink perusahaan.

Sedangkan berkaitan dengan tanggungjawab terhadap nasabah, manajemen Jiwasraya yang baru juga telah menawarkan opsi perpanjangan masa polis (roll over) dengan kompensasi bunga 7 persen bayar dimuka.

Editor : Mohamad Nur Asikin
Reporter : Uji Sukma Medianti