25 radar bogor

Debat Pilpres, Diprediksi Paslon Saling Sindir Masa Lalu

Calon Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto akan menjalani depat perdana malam ini.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Malam ini akan berlangsung debat pemilihan presiden 2019 antar pasangan calon nomor urut 1 Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Kedua calon presiden akan membahas membahas tentang hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Winaya memprediksi, keributan antar pendukung hanya ada di media sosial atau dunia maya saja. Artinya, Pilpres kali ini akan berlangsung secara kondusif.

Kemudian, mengenai acara debat nanti malam, dari masing-masing pihak akan mempertanyakan soal masa lalu. Dimana dari kubu paslon Jokowi-Ma`ruf akan mempertanyakan kepada Prabowo terkait kasus HAM yang pernah menimpanya. Sementara dari kubu Prabowo akan mempertanyakan capaian kinerja sepanjang pemerintahan Jokowi.

“Ada pertarungan pertanyakan masa lalu, perdebatan mengenai Prabowo terlibat HAM atau tidak dan serangan balik Jokowi walau tak terindikaso terlihat melanggar HAM, tapi mungkin dikelilingi orang-orang yang melakukan pelanggaran,” ujarnya di Hotel Mulia Jakarta, Kamis (17/1).

Hal tersebut tentunya akan menjadi beban kubu Prabowo dengan masa lalu sebagai orang yang disebut punya kejahatan di bidang HAM. Tak kalah berat pun, meskipun kubu Jokowi tak punya polemik di masa lalu, namun terkait kinerja selama empat tahun juga menarik diperdebatkan.

“Yang bedakan (dengan Pilpres 2014), masa kampanye Pileg Pilres digabung jadi terkesan lebih lama, suasanya panas terasa lebih lama. Tapi saya rasa akan damai-damai saja,” tandasnya.(JP)